Tinjauan hukum Islam terhadap implementasi akad mudarabah pada franchise sistem Syariah : studi kasus kantor cabang Kebab Turki Baba Rafi di Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alviani, Noor Lia Luvi (2017) Tinjauan hukum Islam terhadap implementasi akad mudarabah pada franchise sistem Syariah : studi kasus kantor cabang Kebab Turki Baba Rafi di Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (949kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (127kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (451kB)
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (416kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (535kB)

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian lapangan untuk menjawab Bagaimana Implementasi akad mudarabah pada franchise sistem syariah di Kantor Cabang Kebab Turki Baba Rafi Surabaya dan Bagaimana Tinjauan hukum islam terhadap implementasi akad mudarabah pada franchise sistem syariah di Kantor Cabang Kebab Turki Baba Rafi Surabaya.
Metode penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif. Data yang sudah dikumpulkan selanjutnya diolah dan dianalisis dengan pola pikir deduktif, yang diawali dengan mengemukakan pengertian, teori-teori atau fakta-fakta yang bersifat umum, yaitu mengenai mudarabah dalam hukum islam, kemudian dipergunakan untuk meninjau implementasi akad mudarabah pada franchise sistem syariah.
Hasil penelitian menjelaskan bahwa implementasi franchise sistem syariah menggunakan akad mudarabah dimana investor sebagai pemodal dan Kebab Turki Baba Rafi sebagai pengelola outlet. Pengembalian modal yang diterapkan Kebab Turki Baba Rafi menggunakan sistem payback period yaitu menghitung berapa jangka waktu kembalinya investasi melalui bagi hasil bagian investor. Implementasi franchise sistem syariah apabila ditinjau dari segi hukum islam adalah batal, karena tidak sesuai dengan persyaratan mengenai keuntungan secara syariah. Adanya payback period tersebut tidak memenuhi syarat mudarabah mengenai keuntungan, maka akad mudarabah yang dilakukan Kebab Turki Baba Rafi dengan investor adalah batal. Selain itu jika pelaksanaan perperjanjian franchise sistem syariah dalam kurun waktu 2.3 tahun diawal perjanjian sudah balik modal investor, maka harusnya perjanjian tersebut sudah berakhir. Karena kontribusi berbentuk investasi milik investor sudah dikembalikan, dan hubungan dalam perjanjian mudarabah antara investor dengan Kebab Turki Baba Rafi sudah selesai. Realisasi perjanjian franchise sistem syariah sebenarnya bukan perjanjian mudarabah, karena tidak ada imbal balik untuk investor. Seharusnya kesepakatan nisbah 50 : 50 adalah murni bagi hasil, tetapi dalam prakteknya bagi hasil hanya untuk Kebab Turki Baba Rafi.
Berdasarkan hasil penelitian penulis, maka penulis dapat memberikan saran kepada Kebab Turki Baba Rafi sebaiknya ada kejelasan terhadap pengembalian investasi diawal perjanjian, yaitu dengan mengembalikkan modal kepada investor secara diangsur atau pada saat jatuh tempo perjanjian mudarabah. Apabila pengelolaan franchise sistem syariah menggunakan akad mudarabah, maka investasinya harus dibedakan antara modal dengan royalty fee. Tujuannya untuk memperjelas dalam pengembalian modal milik investor. Kemudian dalam melakukan bisnis franchise sistem syariah, hendaknya pengaplikasian franchise sistem syariah lebih disesuaikan dengan akad mudarabah secara syariah yang berpedoman pada Al-Qur’an dan Hadits.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alviani, Noor Lia Luviluvialviani@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam > Mudharabah
Keywords: Franchise; Mudharabah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Alviani Noor Lia Luvi
Date Deposited: 10 Aug 2017 07:01
Last Modified: 10 Aug 2017 07:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/19176

Actions (login required)

View Item View Item