Hubungan golongan darah dan gaya belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosyidah, Lailatul (2017) Hubungan golongan darah dan gaya belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (488kB) | Preview
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (320kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (735kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (431kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (417kB)

Abstract

Hasil belajar setiap siswa sangatlah beragam, keberagaman tersebut dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah faktor internal dan faktor eksternal. Melalui golongan darah dapat diketahui berbagai macam kepribadian dan gaya belajar serta gaya belajar merupakan faktor internal yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Sehingga dalam penelitian ini akan dibahas tentang hubungan golongan darah dan gaya belajar dengan hasil belajar matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan apakah ada hubungan antara: 1) golongan darah dengan hasil belajar matematika, 2) gaya belajar dengan hasil belajar siswa, 3) golongan darah dengan gaya belajar, serta 4) bagaimana hubungan golongan darah dan gaya belajar dengan hasil belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 taman Sidoarjo yang terdiri dari 9 kelas. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen angket dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis datanya menggunakan uji statistik nonparametrik, yaitu uji contingency coeficient C untuk menganalisis hubungan golongan darah dengan hasil belajar matematika, gaya belajar dengan hasil belajar matematika, dan golongan darah dengan gaya belajar. Serta menggunakan analisis deskriptif untuk mendeskripsikan hubungan golongan darah dan gaya belajar dengan hasil belajar matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) tidak terdapat hubungan yang signifikan antara golongan darah dengan hasil belajar matematika, karena diperoleh 〖〖χ 〗^2〗_hitung<〖〖χ 〗^2〗_((0,05:6))= (7,734 <12,592); 2) tidak terdapat hubungan yang signifikan antara gaya belajar dengan hasil belajar matematika, karena diperoleh 〖〖χ 〗^2〗_hitung<〖〖χ 〗^2〗_((0,05:4))= (9,222<9,488); 3) tidak terdapat hubungan yang signifikan antara golongan darah dengan gaya belajar, karena diperoleh 〖〖χ 〗^2〗_hitung<〖〖χ 〗^2〗_((0,05:6) )= (11,649 <12,592); 4) Golongan darah A dengan gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik memperoleh hasil belajar yang sedang, untuk golongan darah B dengan gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik memperoleh hasil belajar yang sedang, untuk golongan darah O dengan gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik memperoleh hasil belajar yang sedang, sedangkan golongan darah AB dengan gaya belajar visual memperoleh hasil belajar rendah, dan golongan darah AB dengan gaya belajar auditori dan kinestetik memperoleh hasil belajar yang sedang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosyidah, Lailatullailatul.ochy@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Keywords: Golongan darah; gaya belajar; hasil belajar matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rosyidah Lailatul
Date Deposited: 10 Aug 2017 07:56
Last Modified: 10 Aug 2017 07:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/19193

Actions (login required)

View Item View Item