Pengaruh pengajian kitab Hidayatul Adzkiya’ terhadap peningkatan kecerdasan spiritual pada jama’ah Ahlus Shofa wal Wafa di masjid Baitul Hikmah desa Kalibader kecamatan Taman kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosyidi, Muhamad Hasyim (2017) Pengaruh pengajian kitab Hidayatul Adzkiya’ terhadap peningkatan kecerdasan spiritual pada jama’ah Ahlus Shofa wal Wafa di masjid Baitul Hikmah desa Kalibader kecamatan Taman kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (548kB) | Preview
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (584kB)
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (265kB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (379kB)
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (649kB) | Preview
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (373kB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (226kB) | Preview
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pengajian kitab Hidayatul Adzkiya’ pembahasanya berhubungan dengan tasawuf (ilmu yang dapat membersihkan hati). Sedangkan kecerdasan spiritual adalah kecerdasan jiwa atau kepekaan rasa yang bertumpu pada Qolb (hati). Jika qolb ini sudah baik maka baiklah seluruh gerakan dan aktivitas anggota tubuh yang lain, begitu sebaliknya. Dari penjelasan diatas, peneliti melakukan penelitian tentang Pengaruh Pengajian Kitab Hidayatul Adzkiya’ Terhadap Peningkatan Kecerdasan Spiritual Jama’ah Ahlus Shofa wal Wafa di Masjid Baitul Hikmah Kalibader Taman Sidoarjo. Dalam penelitian ini yang menjadi rumusan masalah adalah tentang bagaimana pelaksanaan pengajian kitab Hidayatul Adzkiya’ di masjid Baitul Hikmah, bagaimana kecerdasan spiritual jama’ah Ahlus Shofa wal Wafa baik sebelum mengikuti pengajian kitab Hidayatul Adzkiya’ dan sesudah mengikuti pengajian, serta apakah ada pengaruh peningkatan kecerdasan spiritual melalui pengajian kitab Hidayatul Adzkiya’ pada jama’ah Ahlus Shofa wal Wafa di masjid Baitul Hikmah Sidoarjo. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reseach) yang menggunakan metode kuantitatif dengan teknik uji paired sample T test. Sedangkan metode pengumpulan data yang penulis gunakan adalah 1) Wawancara, 2) Observasi, dan 3) Angket. Pelaksanaan pengajian kitab Hidayatul Adzkiya’ di masjid Baitul Hikmah tergolong sangat baik, ini dilihat dari penyampaian materi yang mudah difahami oleh jama’ah melalui metode bandongan dan sesuai dengan indikator pelaksanaan pengajian. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pelaksanaan pengajian kitab Hidayatul Adzkiya’ sebesar 94%. Kecerdasan spiritual jama’ah Ahlus Shofa wal Wafa tergolong baik. Ini dibuktikan dengan kesesuaian indikator (qona’ah, tulus ikhlas dan tawakkal). Hasil data sebelum mengikuti pengajian kitab Hidayatu Adzkiya’ sebesar 61,3% sedangkan sesudah mengikuti pengajian sebesar 73,83%. Hasil lain menunjukkan ada pengaruh peningkatan kecerdasan spiritual melalui pengajian kitab Hidayatul Adzkiya’ pada jama’ah. Yang sebelum mengikuti pengajian dengan rata-rata 24.53 dan sesudah mengikuti pengajian dengan rata-rata 29.53. terdapat peningkatan 5% pada jama’ah Ahlus Shofa wal Wafa, sedangkan sisanya 95% kecerdasan spiritual jama’ah dipengaruhi oleh faktor lain, seperti keluarga, lingkungan, masyarakat dan lain sebagainya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosyidi, Muhamad Hasyimkbktoedjoe@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Psikologi Islam
Keywords: Kitab Hidayatul Adzkiya’; Kecerdasan Spiritual; Jama’ah Ahlus Shofa Wal Wafa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rosyidi Muhamad Hasyim
Date Deposited: 11 Aug 2017 04:15
Last Modified: 11 Aug 2017 04:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/19269

Actions (login required)

View Item View Item