This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Pertiwi, Ika Dian (2017) Pengaruh interaksi edukatif keluarga terhadap motivasi belajar siswa Mts. Nurul Hikmah Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Cover.pdf Download (525kB) |
||
|
Text
Abstrak.pdf Download (282kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (282kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (503kB) | Preview |
|
Text
Bab 2.pdf Download (579kB) |
||
Text
Bab 3.pdf Download (566kB) |
||
|
Text
Bab 4.pdf Download (933kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (294kB) | Preview |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (350kB) |
Abstract
Islam memandang keluarga sebagai lingkungan atau milieu pertama bagi individu dimana ia berinteraksi. Dari interaksi dengan milieu pertama itu individu mendapatkan unsur–unsur dan ciri-ciri dasar dari pada kepribadian dan motivasi belajarnya. Kualitas dan kuantitas interaksi yang dilakukan orang tua akan mempengaruhi hasil motivasi belajar pada anak. Oleh karena itulah, penulis melakukan penelitian tentang pengaruh interaksi edukatif keluarga terhadap motivasi belajar siswa MTs Nurul Hikmah Surabaya.Dalam skripsi ini ada tiga hal yang dibahas yaitu: (1) Bagaimana interaksi edukatif keluarga dengan anak siswa MTs Nurul Hikmah Surabaya? (2) Bagaimana motivasi belajar siswa MTs Nurul Hikmah Surabaya ? (3) Bagaimana pengaruh interaksi edukatif keluarga terhadap motivasi belajar siswa MTs Nurul Hikmah Surabaya?Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang menggunakan metode kuantitatif dengan teknik statistik regresi linear sederhana dan uji signifikansi. Sedangkan metode yang peneliti gunakan adalah 1) angket, 2) wawancara, 3) observasi, 4) Dokumentasi Berdasarkan permasalahan yang dipaparkan di atas, setelah dianalisis dapat disimpulakn bahwa : (1) Interaksi edukatif keluarga kepada anak siswa MTs Nurul Hikmah Surabaya tergolong cukup terbukti dari hasil prosentasenya 71% (2) Motivasi Belajar siswa MTs Nurul Hikmah Surabaya juga tergolong cukup terbukti dari hasil prosentasenya 66% (3) Terdapat pengaruh yang sedang pada kedua variabel yaitu antara interaksi edukatif terhadap motivasi belajar siswa MTs Nurul Hikmah Surabaya terbukti dari hasil analisis regresi linear sederhana dengan rumus Y = a + bX, hasil korelasi dua variabel tersebut menunjunkkan 0,520 berada diantara 0,40-0.599 yang tergolong hubungan yang sedang. Terdapat 27% variabel motivasi belajar siswa dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel interaksi edukatif keluarga, sisanya sebesar 73% dipengaruhi oleh variabel lainnya. Faktor-faktor lain yang memungkinkan rendahnya motivasi belajar siswa adalah seperti metode dan strategi yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran kurang menarik, kurangnya keterampilan guru dalam mengelola kelas, pergaulan yang buruk, dan kurangnya rasa percaya diri yang dimilki oleh siswa.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Motivasi Belajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Pertiwi Ika Dian | ||||||
Date Deposited: | 11 Aug 2017 07:42 | ||||||
Last Modified: | 11 Aug 2017 07:42 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/19289 |
Actions (login required)
View Item |