Peningkatan pemahaman karakter tokoh pewayangan punakawan bahasa jawa dengan menggunaka media wayang dua dimensi pada siswa kelas V MI Miftahul Ulum Kraton Krian Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Baharsyah, Moch. Islaqhudin (2017) Peningkatan pemahaman karakter tokoh pewayangan punakawan bahasa jawa dengan menggunaka media wayang dua dimensi pada siswa kelas V MI Miftahul Ulum Kraton Krian Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (736kB) | Preview
[img] Text
Abstrak .pdf

Download (198kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (418kB) | Preview
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (312kB)

Abstract

Latar belakang penulisan ini adalah rendahnya pemahaman mata pelajaran Bahasa Jawa yang dicapai oleh siswa. Kurangnya pengguaan media pembelajaran dalam menerangkan. Sehingga siswa pasif dalam menerima pembelajaran di tambah dengan materi pewayangan yang terkesan kuno sehingga siswa kurang tertatik dengan materi pewangan. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penggunaan media pembelajaran Wayang Dua Dimensi pada mata pelajaran Bahasa Jawa materi Wayang Punakawan siswa kelas V Mi Miftahul Ulum Kraton Krian Sidoarjo? (2) Bagaimana peningkatan pemahaman siswa setelah digunakan media pembelajaran Wayang Dua Dimensi pada mata pelajaran Bahasa Jawa materi Wayang Punakawan siswa kelas V Mi Miftahul Ulum Kraton Krian Sidoarjo?. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kurt Lewin dengan subjek penelitian 30 siswa dan tempat penelitian di MI Mi Miftahul Ulum Kraton Krian Sidoarjo. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran yang meliputi 4 tahap. Pada setiap siklus terdiri dari (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi, dan (4) Refleksi. . Instrumen penelitian yang digunakan adalah Tes, lembar observasi aktifitas guru dan siswa, dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif yang diuraikan secara deskriptif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan media wayang dua dimensi dalam meningkatkan pemahaman karakter tokoh pewayangan punakawan mata pelajaran bahasa jawa Kelas V di MI Miftahul Ulum Kraton Krian Sidoarjo dapat dikategorikan baik. Hal ini dibuktikan dari hasil observasi aktivitas guru dan siswa telah mencapai indicator di siklus I dan siklus II, yakni dari observasi guru mendapat skor peningkatan dari 83,33 menjadi 88,5. (2). Adanya peningkatan pemahaman karakter tokoh pewayangan punakawan bahasa jawa. Hal ini terbukti dari siklus I mendapat rata rata nilai mencapai 71,66 dengan presentase ketuntasan siswa 50%. Di siklus II meningkat menjadi 80 untuk presentase ketuntasan siswa 73,33 %Nilai rata-rata siswa meningkat 8,34 dan presentase siswa meningkat sejumlah 23,33%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Baharsyah, Moch. Islaqhudinislaqhakatsuki8765@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kebudayaan Jawa
Pendidikan > Media
Wayang
Keywords: Kemampuan pemahaman; bahasa Jawa; Media wayang dua dimensi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Baharsyah Moch. Islaqhudin
Date Deposited: 14 Aug 2017 04:52
Last Modified: 14 Aug 2017 04:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/19292

Available Versions of this Item

  • Peningkatan pemahaman karakter tokoh pewayangan punakawan bahasa jawa dengan menggunaka media wayang dua dimensi pada siswa kelas V MI Miftahul Ulum Kraton Krian Sidoarjo. (deposited 14 Aug 2017 04:52) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item