This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Abdillah, Muhammad Andi (2017) Pengaruh penerapan metode moral reasoning terhadap prestasi belajar pendidikan agama islam siswa di SMA Negeri 2 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Cover.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
Abstrak.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (148kB) | Preview |
|
Text
Bab 1.pdf Download (367kB) |
||
|
Text
Bab 2.pdf Download (475kB) | Preview |
|
Text
Bab 3.pdf Download (376kB) |
||
|
Text
Bab 4.pdf Download (929kB) | Preview |
|
Text
Bab 5.pdf Download (163kB) |
||
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (170kB) |
Abstract
Moral Reasoning adalahmetode mencari nilai moral.Metode ini merupakan metode pembelajaran yang mengajak anak didik untuk menentukan suatu perbuatan yang sebaiknya diperbuat pada suatu kondisi tertentu dengan memberikan alasan-alasan yang melatarbelakanginya. Dalam metode ini anak didik dilatih mendiskusikan suatu perbuatan untuk menilai baik buruknya suatu perbuatan. PengaruhMetodeMoral Reasoning terhadapmatapelajaranPendidikan Agama Islam siswa di SMANegeri 2 Sidoarjo dianggap baik. Hal ini dapat dilihat berdasarkan pengamatan kemampuan guru untuk mengelola pembelajaran untuk setiap kegiatan pembelajaran seperti pada tahap awal, kegiatan inti, dan tahap kegiatan akhir yang termasuk dalam kedua kategori, sedangkan kemampuan guru untuk mengelola pembelajaran pada aspek suasana kelas termasuk dalam kategori baik pula. Jadi, kemampuan guru dalam kategori keaktifan dapat dilihat bahwa kemampuan guru untuk mengelola pembelajaran tergolong aktif, disamping tanggapan siswa terhadap penerapan MetodeMoral Reasoning di SMANegeri 2 Sidoarjo.Terbukti dari hasil analisis tersebut menyatakan bahwa terdapatpengaruhdari penerapan metodeMoral Reasoning terhadap matapelajaranPendidikan Agama Islam siswa SMANegeri 2 Sidoarjodenganpersentase 15,6%. Pengaruh Penerapan Metode Moral Reasoningterhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa menunjukkan hal yang baik. Hal ini berdasarkan data yang diperoleh dari hasil analisis prestasi belajar siswa. Dari hasil pre-test yang dicetak rata-rata 77,3, dan hasil post test didapat nilai rata-rata 84,9. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Pengaruh Metode Moral Reasoningtergolongbaik. Pengaruh Penerapan Metode Moral Reasoningterhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa di SMANegeri 2 Sidoarjomenunjukkan hal yang baik. Hal ini terbukti pada Hipotesis (Ha) dan ditolak (Ho) dengan nilai rxy 0,855. Sedangkan untuk Pengaruh Penerapan Metode Moral Reasoningterhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam SiswaSMA Negeri 2 Sidoarjomenunjukkan korelasi yang kuat atau tinggi, karena nilai rxy adalah antara 0,70 - 0,90.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem | ||||||
Keywords: | Moral Reasoning | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Abdillah Much. Andi | ||||||
Date Deposited: | 11 Aug 2017 04:10 | ||||||
Last Modified: | 11 Aug 2017 04:15 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/19352 |
Actions (login required)
View Item |