Dampak prasangka buruk anak terhadap orang tua: telaah Q.S. Yusuf ayat 8-10

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kholifah, Kholifah (2017) Dampak prasangka buruk anak terhadap orang tua: telaah Q.S. Yusuf ayat 8-10. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

This is the latest version of this item.

[img] Text
Kholifah_E03213043.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian yang dilatarbelakangi oleh munculnya fenomena yang terjadi di masyarakat. Di mana masih banyak anak yang merasa diperlakukan tidak adil oleh orang tuanya. Padahal belum tentu prasangka itu terbukti benar. Hal itulah yang kemudian membuat penulis tertarik untuk meneliti masalah tersebut dengan merujuk pada al-Qur’an sebagai sumber pertama dan utama. Dalam hal ini ayat yang berkaitan dengan konteks tersebut terdapat dalam al-Qur’an Surat Yusuf ayat 8-10 yang menceritakan kedengkian saudara-saudara Yusuf yang disebabkan perasangka buruk mereka terhadap ayahnya yang menurut mereka telah bersikap tidak adil dalam memberikan kasih sayang. Sehingga mereka melakukan konspirasi yang didasari rasa dengki dan cemburu untuk menyingkirkan Yusuf agar perhatian ayah mereka kembali kepada mereka. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menunjukkan betapa pentingnya perilaku adil orang tua terhadap anak dengan menghadirkan kisah yang terdapat dalam al-Qur’an yaitu kisah Nabi Yusuf dalam Surat Yusuf ayat 8-10. Penelitian ini menggunakan model penelitian kualitatif yang mana dalam penyajiannya menggunakan teknik deskriptif-analisis. pengumpulan data dilakukan dengan teknik library research yaitu berupa buku tafsir dan buku-buku yang memiliki korelasi dengan penelitian ini. Hasil penelitian ini yaitu apa yang digambarkan oleh al-Qur’an melalui kisah Nabi Yusuf dan saudara-saudaranya sesuai dengan konteks yang terjadi sekarang. Bahwa prasangka buruk yang disebabkan karena perlakuan yang dirasa tidak adil yang dilakukan orang tua akan membawa dampak negatif baik secara fisik maupun psikisnya yang tentu saja akan merugikan anak dan orang tuanya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kholifah, Kholifahuchiha.kholifah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Akhlak > Akhlak Tercela
Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Keluarga > Keluarga - Anak
Keywords: Buruk sangka; anak; Orang tua
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Kholifah Kholifah
Date Deposited: 16 Aug 2017 04:11
Last Modified: 27 Feb 2019 08:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/19393

Available Versions of this Item

  • Dampak prasangka buruk anak terhadap orang tua: telaah Q.S. Yusuf ayat 8-10. (deposited 16 Aug 2017 04:11) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item