Komunikasi persuasif program pembinaan Muallaf lembaga dakwah Muhtadin Masjid al-Falah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wahyuni, Sri (2017) Komunikasi persuasif program pembinaan Muallaf lembaga dakwah Muhtadin Masjid al-Falah Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (452kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (197kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (306kB) | Preview
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (339kB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
Bab 6.pdf

Download (494kB)
[img]
Preview
Text
Bab 7.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (398kB) | Preview

Abstract

Di Indonesia tidak diketahui dengan pasti jumlah semua Muallaf. Namun pemeluk agama lain yang pindah ke agama Islam merupakan fenomena sosial yang nyata dan trennya terus meningkat. Diperkirakan setiap tahun Muallaf bertambah 10 sampai 15%. Salah satu bagian dari Masyarakat yang memerlukan bimbingan dan pembinaan adalah Muallaf. Tujuan pembinaan terhadap Muallaf suatu hal yang tidak kalah penting karena sebagai orang yang menjalani keyakinan baru haruslah memahami prinsip-prinsip ajarannnya, sebagi pedoman hidup. Studi ini bertujuan menjelaskan proses komunikasi persuasif yang di lakukan oleh Pembina Muallaf kepada anggota Muallaf dalam Program pembinaam Muallaf lembaga dakwah Muhtadin Masjid Al-Falah Surabaya.Pendekatan yang di gunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan wawancara mendalam, dokumentasi serta pengamatan. Metodenya bersifat deskriptif analisis yaitu memberikan gambaran terhadap subjek dan objek penelitian. Metode ini memungkinkan peneliti untuk menggambarkan secara sistematis dan akurat mengenai pola komunikasi persuasif program pembinaan Muallaf Organisasi Muhtadin Masjid Al-Falah Surabaya.Dari penelitian yang di lakukan diperoleh kesimpulan bahwa komunikasi yang di lakukan Persuader atau Instruktur pada saat melakukan pembinaan kepada persuadee atau anggota Muallaf Lembaga Dakwah Muhtadin Masjid Al-Falah Surabaya sudah menjalankan prinsip-prinisp komunikasi persuasif, antara lain : Pertama, Kredibilitas baik keahlian dan moralitas Pembina Muallaf sudah sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anggota Muallaf. Kedua, Pesan materi yang di sampaikan Pembina Muallaf pada saat program pembinaan baik secara content dan penyusunan pesan sudah menjawab kebutuhan akan pengetahuan anggota Muallaf. Ketiga, Saluran atau media yang di gunakan oleh Pembina Muallaf dalam program pembinaan Muallaf sudah memudahkan bagi anggota Muallaf untuk mencerap materi yang di sampaikan Pembina Muallaf. Ke empat, Proses komunikasi penyampaian materiatau pesan yang di sampaikan Pembina Muallaf pada saat program pembinaan sudah memenuhi prinsip-prinsip persuasif baik hukum pemaparan selektif, Partisipasi khalayak dan teori inokulasi dan juga butuh sebuah repitisi dan simulasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wahyuni, Srinagata.eswe@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Dakwah, Komunikasi
Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah
Keywords: komunikasi persuasif; pembinaan Muallaf
Divisions: Program Magister > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Wahyuni Sri
Date Deposited: 14 Aug 2017 07:52
Last Modified: 14 Aug 2017 07:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/19424

Actions (login required)

View Item View Item