Pengaruh salat berjamaah terhadap kedisiplinan santri: studi kasus di Pondok Pesantren Al-Bakriyah Lomaer Blega Bangkalan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Saifullah, Saifullah (2017) Pengaruh salat berjamaah terhadap kedisiplinan santri: studi kasus di Pondok Pesantren Al-Bakriyah Lomaer Blega Bangkalan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (20MB)
[img] Text
Abstrak .pdf

Download (374kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (573kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (539kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (649kB) | Preview
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (587kB)

Abstract

Salat merupakan ibadah yang harus dilaksanakan oleh umat Islam untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, apabila ada sebagian dari mereka tidak mengerjakan salat maka mereka termasuk orang-orang yang merugi, karena dalam salat memiliki pengaruh bagi yang melaksanakannya, sebagaimana seorang mukmin melaksanakan salat fardu maupun sunah dengan baik dan benar, dan dengan mentaati ketentuan salat, rukun-rukun dalam salat serta memperhatikan syarat sahnya salat maka mereka termasuk orang-orang yang menjalankan amar ma’ruf nahi munkar. Hal ini disampaikan oleh Allah SWT dalam firmannya surah al-Ankabut ayat 45:إِنَّ الصَّلاةَ تَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ “Sesungguhnya salat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar”. Pondok pesantren merupakan tempat menuntut ilmu dan memiliki peraturan yang bertujuan untuk menjadikan seorang remaja (santri) dapat disiplin dan berakhlakul karimah, bagaimana pelaksanaan salat berjamaah di pondok pesantren? bagaimana kediplinan santri dipondok pesantren? dan adakah pengaruh salat berjamaah terhadap kediplinan santri di pondok pesantren? Menghadapi hal tersebut penulis tertarik untuk mengetahui dan mengungkap prihal tentang Pengaruh Salat berjamaah terhadap Kedisiplian Santri studi kasus di pondok Pesantren Al-Bakriyah Lomaer Blega Bangkalan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah Kegiatan Salat berjamaah mempengaruhi sikap kedisiplinan santri dalam berkaktivitas sehari- hari. Dalam skripsi ini penulis menggunakan penelitian kuantitatif regresi linier sederhana, yang ditunjang oleh data-data yang diperoleh melalu penelitian lapangan (field research), adapun untuk mengathui data yang diperlukan penulis menggunakan teknik pengumpulan data di antaranya observasi, interview (wawancara) dan angket atau kuesioner, sebelum instrument digunakan dalam penelitian maka terlebih dahulu penulis melakukan uji validitas dan reabilitas. Hasil uji koefisien determinasi (r square) menunjukkan bahwa nilai r² adalah sebesar 0,656 atau 65,6% yang artinya bahwa 65,6% Kedisiplinan santri dipengaruhi oleh variabel bebas Salat berjamaah. Sisanya sebesar 34,4% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model penelitian ini. Hal ini menunjukkan bahwa variabel Salat berjamaah mempunyai pengaruh yang kuat terhadap Kedisiplinan santri di Pondok Pesantren Al-Bakriyah Lomaer Blega Bangkalan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Saifullah, Saifullahsaifullahahmat193@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Salat > Salat Jama'ah
Keywords: Salat berjamaah; kedisiplinan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Saifullah Saifullah
Date Deposited: 11 Aug 2017 07:56
Last Modified: 11 Aug 2017 07:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/19437

Actions (login required)

View Item View Item