Korelasi pembelajaran fiqih di sekolah dengan ibadah shalat wajib siswa di rumah pada siswa kelas VII MTs Negeri Bakalan Rayung Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurhayati, Ulfatun Nikmah (2017) Korelasi pembelajaran fiqih di sekolah dengan ibadah shalat wajib siswa di rumah pada siswa kelas VII MTs Negeri Bakalan Rayung Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ulfatunnikmah Nurhayati_D71213140.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian yang berjudul Korelasi Pembelajaran Fiqih di Sekolah dengan Ibadah Sholat Wajib Siswa di Rumahini bertujuan untuk menjawab rumusan masalahmengenai bagaimana korelasipembelajaran fiqih di sekolah dan ibadah shalat wajib siswa di rumah sertakorelasi pembelajaran fiqih di sekolah dengan Ibadah shalat wajib siswa di rumah. Jenis penelitian berdasarkan tingkat eksplanasi (penjelasan) maka penelitian ini termasuk penelitian asosiatif, yaitu penelitian yang mencari hubungan antara satu variabel dengan variabel yang lainnya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Negeri Bakalan Rayung yang berjumlah 272 dan di ambil sampel sebesar 25% yaitu 63 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling.Dan menurut jenis datanya, penelitian ini menggunakan jenis data kuantitatif. Adapun paradigma dalam penelitian ini adalah paradigma sederhana dimana penelitian ini terdiri dari satu variabel dependent dan satu variabel independent jadi untuk mencari besarnya hubungan X dengan Y digunakan teknik korelasi sederhana. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik product moment korelasi sederhana yang kemudian diuji hipotesis dengan menggunakan uji signifikan korelasi product moment yang yang dikonsultasikan dengan r tabel pada taraf signifikan 5% dan 1% untuk memberikan interpretasi bahwa hipotesisi alternatif diterima atau ditolak. Jika dilihat dengan df= 61 berarti taraf signifikan 1% = 0,254 dan pada taraf signifikasi 5% = 0,330. Berarti r0 > rt baik pada taraf signifikasi 1% maupun 5%. Sebagai konsekuensinya maka Ha diterima dan H0 ditolak. Sedangkan dari nilai rxy yang diperoleh sebesar = 0,810 maka selanjutnya dikonsultasikan pada tabel interpretasi. Nilai rxy = 0,810 yang berkisar antara 0,800 sampai dengan 1,00 dengan demikian dapat diperoleh bahwa korelasi antara pembelajaran fiqih di sekolah dengan sholat wajib siswa di rumah tergolong sangat tinggi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara korelasi pembelajaran fiqih di sekolah dengan ibadah sholat wajib siswa dirumah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurhayati, Ulfatun Nikmahulfa.nikmah@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Salat > Salat, Waktu
Keywords: Pembelajaran Fiqih; Ibadah Shalat Wajib
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nurhayati Ulfatunnikmah
Date Deposited: 11 Aug 2017 07:56
Last Modified: 12 Mar 2019 06:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/19441

Actions (login required)

View Item View Item