Konseling behavioral dengan terapi tanggung jawab untuk mengembangkan resiliensi pada sanri penghafal al-Qur'an di Pondok Pesantren Mahasiswa Al-Jihad Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anisa, Mila Nur (2017) Konseling behavioral dengan terapi tanggung jawab untuk mengembangkan resiliensi pada sanri penghafal al-Qur'an di Pondok Pesantren Mahasiswa Al-Jihad Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mila Nur Anisa'_B93213104.pdf

Download (674kB)

Abstract

Penelitian ini didasarkan data yang diperoleh dari studi pendahuluan pada santri penghafal Al-Qur’an yang menunjukkan indikator rendahnya tanggung jawab hafalan. Masalah penelitian ini adalah apakah resiliensi santri penghafal Al-Qur’an dapat dikembangkan melalui konseling behavior dengan terapi tanggung jawab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil dari penyelesaian masalah yang diteliti. Penulisan ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang sesuai dengan fokus penelitian, yaitu; 1). bagaimana proses pelaksanaan konseling behavioral dengan terapi tanggung jawab dalam menangani resiliensi pada santri penghafal Al-Qur’an di pondok pesantren mahasiswa al-jihad surabaya? 2). Bagaimana hasil dari pelaksanaan konseling behavioral dengan terapi tanggung jawab dalam menangani resiliensi pada santri penghafal Al-Qur’an di pondok pesantren mahasiswa al-jihad surabaya? Peneliti menggunakan jenis penelitian studi kasus dengan analisis deskriptif komparatif. Dalam bab III peneliti mendeskripsikan permasalahan yang dialami konseli serta cara menanganinya, dan dalam bab IV peneliti menjelaskan tentang alur pikir dari skema yang telah dibuat pada bab sebelumnya. Dalam proses pengembangan resiliensi bagi santri penghafal Al-Qur’an peneliti menggunakan Konseling Behavior dengan Terapi Tanggung Jawab yang terdiri dari beberapa langkah yakni tahap pertama (memonitor perilaku),tahap kedua (menyeleksi tujuan),tahap ketiga (menerima tujuan dan resiko), dan tahap keempat (berkomitmen terhadap kesadaran diri). Adapun informan penelitiannya adalah teman, guru, pengurus pondok dan konseli sendiri. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data meliputi reduksi dan data, Display (penyajian data) dan verifikasi (pengambilan kesimpulan). Hasil penelitian dari pelaksanaan terapi tanggung jawab dapat dikatakan berhasil, dilihat dari pengamatan peneliti pada saat sebelum dan sesudah. Yang mana hasil tersebut dapat dilihat dari adanya perubahan pada sikap atau perilaku klien yang kurang baik mulai menjadi lebih baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anisa, Mila Nurmilanuranisa@gmail.co.idUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Keywords: Konseling behavior; Terapi tanggung jawab; Resiliensi; Santri penghafal al Qur'an Konseling Behavior; Terapi tanggung jawab; Resiliensi; Santri penghafal al Qur'an
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Anisa Mila Nur
Date Deposited: 14 Aug 2017 07:57
Last Modified: 11 Mar 2019 03:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/19465

Actions (login required)

View Item View Item