Dampak sosial konversi agama: studi kasus perpindahan agama dari Islam menjadi Penghayat Sapta Darma di Desa Sidojangkung Kecamatan Menganti

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nugroho, Machrus Hakim (2017) Dampak sosial konversi agama: studi kasus perpindahan agama dari Islam menjadi Penghayat Sapta Darma di Desa Sidojangkung Kecamatan Menganti. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Machrus Hakim Nugroho_E02213018.pdf

Download (507kB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan yang berjudul “Dampak Sosial Konversi Agama Dari Islam menjadi Aliran Kepercayaan di Desa Sidojangkung Kecamatan Menganti”. Tujuan Penelitian ini mendiskripsikan tiga persoalan, yaitu : Pertama, faktor yang mendorong terjadinya Konversi agama dari agama Islam menjadi aliran kepercayaan Sapta Darma di Desa Sidojangkung. Kedua, kondisi keagamaan sebelum dan sesudah konveris agama dari Islam menjadi Penghayat Kepercayaan Sapta Darma, dan yang ketiga adalah dampak sosial dari konversi agama dari Islam menjadi penghayat Kepercayaan Sapta Darma di desa Sidojangkung kecamatan Menganti Gresik. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yaitu penelitian yang menggambarkan atau melukiskan suatu kenyataan sosial dalam masyarakat pasca konversi agama. Metode ini menjadi langkah awal bagi penyusun untuk melihat, mengamati dan menyelidiki fakta-fakta yang terjadi, setelah penyusun melakukan wawancara dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dari penelitian ini adalah para penghayat Sapta Darma dan Masyarakat Sekitar sekitar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, kondisi keagamaan para penghayat Sapta Darma di Desa Sidojangkung Kecamatan Menganti Gresik ini lebih baik dari pada sebelum konversi, mereka lebih rajin beribadah dan dalam prilaku mereka lebih bisa mengendalikan emosi. Faktor-faktor yang mendorong terjadinya konveris agama adalah pemahamann agama yang kurang, ketertarikan sebagai orang jawa karena lebih mudah dimengerti, ekonomi dan ada yang karena sakit berkepanjangan, dan dampak sosial pasti akan dialami setiap pelakun konversi agama namun dalam penelitian ini penulis menemukan bahwa dampak dari konveris agama tidaklah selalu negatif dimana dibuktikan oleh penghayat Sapta Darma mereka dalam berkarir lebih bagus, kehidupan sosial baik dan hubungan keluarga yang harmonis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nugroho, Machrus Hakimmachrus_ngr@yahoo.co.idUNSPECIFIED
Subjects: Psikologi
Sosiologi
Keywords: Konversi; Agama; Penghayat; Sapta Darma
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Nugroho Machrus Hakim
Date Deposited: 22 Aug 2017 04:33
Last Modified: 12 Mar 2019 07:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/19485

Actions (login required)

View Item View Item