Implementasi manajemen peserta didik Pendidikan Inklusi: studi kasus di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Badrussalam Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Widiastuti, Hendany Putri (2017) Implementasi manajemen peserta didik Pendidikan Inklusi: studi kasus di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Badrussalam Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (766kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (305kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (497kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (695kB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (520kB)
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (861kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (320kB) | Preview
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (321kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi manajemen peserta didik pendidikan inklusi beserta faktor pendukung dan penghambat yang ada di madrasah inklusi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Metode yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subyek penelitian meliputi kepala sekolah, koordinator inklusi, guru pendamping khusus, wali kelas, pembina ekstrakurikuler, dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan implementasi manajemen peserta didik pendidikan inklusi di madrasah terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pembinaan, pengawasan, dan evaluasi. Pada perencanaan, madrasah menentukan kuota peserta didik yang dapat diterima yaitu 70 peserta didik dengan kuota 4 peserta didik berkebutuhan khusus serta menentukan program kegiatan peserta didik. Pada pengorganisasian, madrasah melaksanakan proses rekrutmen/penerimaan, seleksi, orientasi, dan penempatan peserta didik. Dalam pelaksanaannya, antara peserta didik pada umumnya dengan peserta didik berkebutuhan khusus diberikan perlakuan yang sama hanya saja pada penempatan peserta didik berkebutuhan khusus diberikan tempat duduk paling depan untuk memudahkan pendampingan. Pada pembinaan, antara peserta didik pada umumnya dan peserta didik berkebutuhan khusus juga diberikan pembinaan yang sama ketika berada di dalam kelas, namun untuk anak berkebutuhan khusus diberikan pendampingan yang lebih intensif dibandingkan peserta didik pada umumnya yaitu pendampingan dengan metode individual learning oleh guru pembimbing khusus sehingga disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik. Pada pengawasan, madrasah melakukan pencatatan dan pelaporan peserta didik serta mengatur kehadiran peserta didik, dalam pelaksanaannya antara peserta didik berkebutuhan khusus dan peserta didik pada umumnya diperlakukan sama, hanya saja untuk anak berkebutuhan khusus juga terdapat catatan pribadi berupa hasil identifikasi awal dan assessment ketika peserta didik terdeteksi berpotensi berkebutuhan khusus pada hasil tes psikologi. Pada evaluasi, antara peserta didik pada umumnya dengan peserta didik berkebutuhan khusus diberikan indikator penilaian yang berbeda disesuaikan dengan kemampuan peserta didik berkebutuhan khusus dengan nilai maksimal 70 untuk peserta didik berkebutuhan khusus. Implementasi manajemen peserta didik pendidikan inklusi di madrasah ini tidak lepas dari faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukungnya yaitu banyaknya bantuan baik secara internal maupun eksternal dalam membantu guru pembimbing khusus memberikan pembinaan. Sedangkan faktor penghambatnya adalah adanya pembatasan kuota anak berkebutuhan khusus dikarenakan sulitnya mendapatkan tambahan guru pembimbing khusus yang memiliki riwayat pendidikan luar biasa serta kurangnya sarana prasarana dalam penerimaan siswa baru dan pemberian pembinaan kepada anak berkebutuhan khusus.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Widiastuti, Hendany Putrihendanyputri@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Pendidikan
Keywords: Manajemen; pendidikan inklusi; manajemen peserta didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Widiastuti Hendany Putri
Date Deposited: 14 Aug 2017 05:01
Last Modified: 14 Aug 2017 05:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/19514

Actions (login required)

View Item View Item