Hubungan penerapan absensi Fingerprint dengan disiplin guru di SMP Negeri 3 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rizka, Maulida (2017) Hubungan penerapan absensi Fingerprint dengan disiplin guru di SMP Negeri 3 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (589kB)
[img] Text
Asbtrak.pdf

Download (362kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (581kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (470kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (463kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya teknologi yang semakin canggih yaitu dengan adanya pengembangan alat absensi dengan menggunakan scan jari atau lebih dikenal dengan fingerprint. Pada era sekarang ini, banyak perusahan bahkan lembaga pendidikan sudah menggunakan alat tersebut sebagai alat absensi yang bertujuan untuk meningkatkan disiplin karyawan ataupun pegawainya. Seperti yang sudah diterapkan di SMP Negeri 3 Surabaya yang memanfaatkan fingerprint sebagai alat absensi dalam meningkatkan disiplin guru. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana penerapan absensi fingerprint di SMP Negeri 3 Surabaya? (2) Bagaimana disiplin guru di SMP Negeri 3 Surabaya? (3) Bagaimana hubungan penerapan absensi fingerprint dengan disiplin guru di SMP Negeri 3 Surabaya? Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui angket dan observasi. Peneliti mencoba menjawab dengan menggunakan analisa deskriptif, penjabaran hasil data dihitung dengan nilai frekuensi prosentase relatif. Sedangkan untuk mengetahui efektifitas tidaknya penerapan absensi fingerprint dalam disiplin guru di SMP Negeri 3 Surabaya digunakan rumus product moment dengan bantuan program SPSS 23 dan hasilnya diinterpretasikan dengan kalimat yang bersifat kualitatif. Berdasarkan hasil analisis dari rumusan masalah yang pertama yaitu bagaimana penerapan absensi fingerprint di SMP Negeri 3 Surabaya tergolong baik, karena berada diantara (35%-65%) dengan nilai rata-rata 40,800 dan standar deviasi sebesar 3,34800. Sedangkan hasil analisis dari rumusan masalah yang kedua yaitu bagaimana disiplin guru di SMP Negeri 3 Surabaya tergolong tinggi, karena berada diantara (35% - 65%) dengan nilai rata-rata 42,288 dan standar deviasi sebesar 7,4303. Untuk rumusan masalah yang ketiga yaitu bagaimana hubungan penerapan absensi fingerprint dengan disiplin guru di SMP Negeri 3 Surabaya didapatkan bahwa nilai Sig (2-tailed) = 0,000. Karena nilai sig (2-tailed) < 0,05 pada table r Product Moment dengan taraf 5% nilai 0,294 maka disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara absensi fingerprint dengan disiplin guru. Sedangkan dari nilai person correlation yaitu r = 0,881. Dapat disimpulkan bahwa hubungannya sangat kuat, karena berada diantara (0,80 – 1,000) dan hubungan antara variabel absensi fingerprint dengan disiplin guru searah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rizka, Maulidarizkamaulida04@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Pendidikan
Keywords: Absensi Fingerprint; disiplin guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Maulida Rizka
Date Deposited: 15 Aug 2017 06:18
Last Modified: 15 Aug 2017 06:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/19629

Actions (login required)

View Item View Item