Manajemen program parenting di sekolah dasar Islam terpadu Nurul Fikri Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Irmawati, Anisa (2017) Manajemen program parenting di sekolah dasar Islam terpadu Nurul Fikri Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (218kB)
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (124kB) | Preview
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (628kB)
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (335kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (519kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang manajemen program parenting beserta dengan kendala dan solusi yang ada pada sekolah penyelenggara program parenting. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Dalam proses pencarian data, Peneliti menggunakan metode observasi, wawancara mendalam terhadap subjek penelitian, dan dokumentasi. Dalam analisis dan interpretasi data, Peneliti menggunakan model Miles and Huberman yaitu reduksi, penyajian, dan verifikasi data. Sedangkan dalam uji keabsahan data, Peneliti menggunakan uji dependability. Pada perencanaan, sekolah membuat program kerja tahunan sebagai strategi awal dengan melibatkan semua wali murid yang sangat berpengaruh keterlibatannya. Program kerja ini direncanakan dengan melakukan rapat yang membahas tentang program parenting yang bertujuan agar wali murid ikut serta dalam proses pendidikan anak. Pada pengorganisasian, sekolah bekerja sama dengan para wali murid yang tergabung dalam Pengurus Komite yang bertujuan untuk menjembatani adanya komunikasi antara sekolah dan wali murid. Panitia sendiri diambil dari wali murid untuk yang skala besar, sedangkan untuk yang skala kecil mengambil dari Ustadz dan Ustadzah. Pada pelaksanaannya sendiri biasanya dilaksanakan rutin setiap satu tahun sekali. Untuk tempat pelaksanaan parenting skala kecil dilaksanakan di sekolah dan parenting skala besar di luar sekolah karena kapasitas sekolah yang tidak memadai. Proses evaluasi dilaksanakan setiap akhir kegiatan. Hal ini bertujuan untuk mengevaluasi keseluruhan proses kegiatan dari mulai perencanaan sampai pelaksanaan kegiatan parenting. Dalam implementasinya, tentu terdapat kendala. Secara garis besar, faktor yang menjadi kendala antara lain adalah masalah pendanaan dan tempat pelaksanaan parenting untuk yang skala besar. Sedangkan untuk solusinya sendiri, biasanya pihak panitia mencarikan dana melalui sponsorship dan mencarikan gedung yang sekiranya cukup untuk menampung para peserta kegiatan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Irmawati, Anisaanisairmawati17@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Pendidikan
Keywords: manajemen; program parenting
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Irmawati Anisa
Date Deposited: 15 Aug 2017 08:04
Last Modified: 15 Aug 2017 08:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/19667

Actions (login required)

View Item View Item