Dhadak merak sebagai bentuk perlawanan terhadap kekuasaan: telaah historis Reog Ponorogo perspektif dominasi simbol Pierre Bourdieu

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Djajanti, Khiki Wulandari Mei (2017) Dhadak merak sebagai bentuk perlawanan terhadap kekuasaan: telaah historis Reog Ponorogo perspektif dominasi simbol Pierre Bourdieu. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khiki Wulandari Mei Djajanti_E01213033.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dalam kehidupan sosial, bentuk kekuasaan terpatri dalam politik formal seperti negara. Kekuasaan merupakan sebuah bentuk dominasi. Relasi kekuasaan dan kekerasan pada era sekarang ini, tidak lagi tampil dalam ruang konkret yang melibatkan aktivitas fisik. Keduanya beroperasi dalam sebuah ruang representasi yang menjadikan sumber daya simbol sebagai kekuatan abstrak untuk menciptakan kebenaran.Perwujudan relasi kekuasaan dan kekerasan pada era sekarang ini, tidak lagi tampil dalam ruang konkret yang melibatkan aktivitas fisik. Keduanya beroperasi dalam sebuah ruang representasi yang menjadikan sumber daya simbol sebagai kekuatan abstrak untuk menciptakan kebenaran. Dengan menggunakan teori dominasi simbol Pierre Bourdieu, penelitian ini menelaah lebih jauh praktik dominsi simbol dalam salah satu versi sejarah kesenian Reyog Ponorogo versi Ki Ageng Kutu Suryangalam. salah satu komponen reyog, topeng raksasa yang disebut dengan dhadak merak merupakan salah satu instrumen simbolis yang digunakan Ki Ageng Kutu Suryangalam untuk membongkar struktur ketidakadilan dalam pemerintahan Kerajaan Majapahit yang dipimpin oleh Prabu Brawijaya V. Dalam sebubah arena praktik dominasi simbol berjalan sangat halus sehingga yang terdominasai tidak menyadari bahwa mereka sedang dikuasai. Oleh karena itu, Ki Ageng Kutu Suryangalam harus menggunakan strategi simbolik untuk merobohkan praktik dominasi Prabu Brawijaya V.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Djajanti, Khiki Wulandari Meikikiwulandari315@ymail.comUNSPECIFIED
Subjects: Filsafat
Kebudayaan Jawa
Keywords: Kekuasaan; Doxa; Dominasi Simbol; Reog Ponorogo
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Filsafat Agama
Depositing User: Djajanti Khiki Wulandari Mei
Date Deposited: 22 Aug 2017 07:39
Last Modified: 12 Mar 2019 07:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/19742

Actions (login required)

View Item View Item