Filsafat lingkungan hidup A. Sonny Keraf dan penerapannya terhadap ekowisata di Indonesia

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Utami, Desi (2017) Filsafat lingkungan hidup A. Sonny Keraf dan penerapannya terhadap ekowisata di Indonesia. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Desi Utami_E01213014.pdf

Download (890kB)

Abstract

Penelitian ini lahir dari keprihatinan terhadap kondisi pariwisata konvensional yang dewasa ini banyak berdampak negatif terhadap lingkungan yaitu adanya peningkatan produksi sampah, pembukaan lahan hijau atau perambahan hutan untuk penunjang fasilitas wisata yang mengakibatkan berbagai pencemaran sehingga menyebabkan krisis terhadap lingkungan. Pemerintah dan kementerian bidang pariwisata harus merumuskan kembali konsep pariwisata yang tidak hanya menguntungkan dalam segi perekonomian namun juga seimbang dalam hal pelestarian ekologi. Rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi bagaimana konsep Filsafat Lingkungan Hidup A. Sonny Keraf dan bagaimana kontekstualisasi Filsafat Lingkungan Hidup A. Sonny Keraf terhadap penerapan ekowisata di Indonesia. Metodologi penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah kepustakaan (library research) untuk menelaah prinsip-prinsip yang terdapat dalam Filsafat Lingkungan Hidup. Penelitian ini menemukan bahwa terdapat beberapa prinsip penting dalam Filsafat Lingkungan Hidup yang dapat dikontekstualisasikan terhadap penerapan ekowisata di Indonesia seperti membangun paradigma holistik sebagai cara pandang baru terhadap alam yang memahami alam memiliki nilai intrinsik lebih luas daripada sekadar nilai ekonomis, kemudian menghendaki adanya ecoliteracy yaitu kesadaran lingkungan tidak hanya dalam diri individu tetapi dalam sebuah komunitas, dan bioregionalisme yang berusaha mengolaborasikan antara ekologi dengan ekonomi dengan penempatan yang seimbang dalam sebuah penerapan ekowisata. Penelitian bertujuan dengan adanya penerapan ekowisata di Indonesia yang berkonsep Filsafat Lingkungan Hidup dapat menawarkan solusi untuk mengurangi krisis global yang terjadi di Indonesia agar warga Indonesia menjadi warga yang aktif dan berkesadaran lingkungan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Utami, Desidesijunior4@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Filsafat
Lingkungan Hidup
Keywords: A. Sonny Keraf; ekowisata; filsafat lingkungan hidup
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Pemikiran Islam
Depositing User: Utami Desi
Date Deposited: 22 Aug 2017 05:03
Last Modified: 12 Mar 2019 08:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/19768

Actions (login required)

View Item View Item