Korelasi bidang studi Pendidikan Agama Islam terhadap minat ibadah shalat berjamaah siswa Kelas VII SMP Negeri 26 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ningrum, Masrifah (2012) Korelasi bidang studi Pendidikan Agama Islam terhadap minat ibadah shalat berjamaah siswa Kelas VII SMP Negeri 26 Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Masrifah Ningrum D01208161 ok.pdf

Download (5MB)

Abstract

Mata pelajaran (bidang studi) Pendidikan Agama Islam merupakan suatu mata pelajaran yang ada di sekolah, yang mana dalam pelajarannya mengikat dan berhubungan langsung dengan aktivitas individu di kesehariannya. Oleh karena itu, sudah selayaknya muatan-muatan yang menjadi pokok mata pelajaran (bidang studi) Pendidikan Agama Islam ini benar-benar ditanamkan sekaligus diimplementasikan dengan praktek keseharian. Karena bila tidak, maka tujuan dari diadakannya kegiatan pembelajaran itu sendiri tidak akan dapat mencapai tujuan seperti yang telah dtetapkan, dalam hal ini praktek dan implementasi yang dimaksudkan adalah ibadah shalat berjamaah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan bidang studi Pendidikan Agama Islam di sekolah, minat ibadah siswa dalam mengikuti shalat berjamaah, ada atau tidaknya korelasi di antara keduanya, serta sejauh mana korelasi antara keduanya itu bila terdapat korelasi di antara keduanya. Untuk mengetahui korelasi bidang studi Pendidikan Agama Islam terhadap minat ibadah shalat berjamaah siswa kelas VII SMP Negeri 26 Surabaya, penulis menggunakan metode angket, interview dan observasi. Adapun tenik analisis yang digunakan adalah teknik analisis korelasi product moment dengan taraf signifikansi 5% dan 1%. Hasil penelitian dari analisis data yang diperoleh dari hasil penelitian mengenai adanya bidang studi Pendidikan Agama Islam di sekolah terhadap minat ibadah shalat berjamaah siswa kelas VII SMP Negeri 26 Surabaya, bahwa adanya mata pelajaran (bidang studi) Pendidikan Agama Islam di sekolah mempunyai korelasi yang agak rendah terhadap minat ibadah shalat berjamaah siswa. Hal ini telah dikonsultasikan dengan tabel interpretasi "r" yang menunjukkan basil perhitungan (r hitung) berada diantara 0,400 - 0,600.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ningrum, MasrifahUNSPECIFIEDD01208161
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFuad, Ah. ZakkiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Materi
Keywords: Bidang studi PAI; minat ibadah; shalat berjamaah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 28 Aug 2017 08:34
Last Modified: 28 Jul 2023 07:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/19892

Actions (login required)

View Item View Item