Manajemen Training Centre dalam pengembangan profesionalitas guru al Quran di Griya al Quran Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ashar, Hanif (2012) Manajemen Training Centre dalam pengembangan profesionalitas guru al Quran di Griya al Quran Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hanif Ashar D032707078 ok.pdf

Download (5MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/19935

Abstract

Secara umum setiap suatu organisasi, khususnya organisasi sebagai sistem sosial maka ada dua unsur yang secara jelas tampak di dalamnya. Unsur pertama umumnya disebut dengan nama sumber daya manusia dan unsur yang kedua disebut dengan sumber daya bukan manusia. Kedua unsur tersebut dalam operasionalisasinya tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya. Namun dalam perkembangannya pembahasan mengenai manusia sebagai objek pembahasan, dalam hal ini manajemen sumber daya manusia dirasa lebih penting dan menarik, sebab sebanyak dan secanggih apapun sumber daya bukan manusia yang ada akan bernilai sia-sia tanpa adanya sumber daya manusia yang berkualitas. Oriya Al qur'an Surabaya merupakan sebuah lembaga pembelajaran Al qur'an yang senantiasa berupaya meningkatkan kualitas dan kompetensi sumber daya manusia yang dimiliki, termasuk di dalamnya guru Al-Qur' an. Salah satu wujud usaha tersebut, yakni dengan mendirikan sebuah pusat pelatihan atau yang lebih dikenal dengan istilah Training Centre. Dari Training Centre inilah, pihak manajemen Griya Al qur'an berharap dapat mencetak guru-guru Al­ Qur'an yang professional. Skripsi ini rnerupakan pene1itian kualitatif deskriptif yang menggunakan metode pengumpulan data: observasi, interview, dan dokumentasi. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah, Direktur Griya Al qur'an Surabaya, Manajer Training Centre, dan guru Al qur'an di Griya Al qur'an Surabaya. Adapun Jangkah dalam tekhnik analisis data meliputi reduksi data, display data, dan verifikasi data. Dari hasil penelitian ini, penulis dapat menyimpulkan bahwa manajemen Training Centre yang ada di Griya Al qur'an sudah berjalan cukup baik. Hal ini dapat kita lihat dari proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan kontroling yang telah berjalan efektif dan efisien. Disamping itu, peneliti juga dapat menyimpulkan bahwa profesionalitas guru Al-quran di Griya Al-quran cukup baik. Hal ini bisa dilihat dari 4 kompetensi yang dimiliki oleh guru sebagaimana yang ditetapkan oleh Undang-undang No. 19 tahun 2005 tentang guru dan dosen diatur melalui peraturan menteri pendidikan nasional (Permendiknas) No. 16 Tahun 2007 tentang standar kualifikasi dan kompetensi guru. Keempat kompetensi tersebut meliputi kompetensi pedagogis, professional, kepribadian, serta kompetensi sosial.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ashar, Hanif--D032707078
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHaris, Abd.UNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Pendidikan
Keywords: Manajemen Training Centre; profesionalitas guru al Quran; Griya Al Quran Surabaya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 30 Aug 2017 07:18
Last Modified: 27 Jul 2023 08:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/19935

Actions (login required)

View Item View Item