Tradisi ritual keagamaan di makam Mbah H Achmad Ali di Sememi Kidul Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mufidah, Lailatul (2017) Tradisi ritual keagamaan di makam Mbah H Achmad Ali di Sememi Kidul Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lailatul Mufidah_E82213064.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dalam skripsi yang berjudul “Tradisi Ritual Keagamaan di Makam Mbah H Achmad Ali di Sememi Kidul Surabaya, adalah bagaimana tanggapan masyarakat desa Sememi Kidul terhadap adanya ritual keagamaan makam Mbah H Achmad Ali, hubungan islam dengan masyarakat desa sememi kidul kecamanatan benowo, Surabaya terhadap makam Mbah H Achmad Ali. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui tanggapan masyarakat desa Sememi Kidul terhadap adanya ritual keagamaan makam Mbah H Achmad Ali, ingin mengetahui hubungan islam dengan masyarakat desa sememi kidul kecamanatan benowo, Surabaya terhadap makam Mbah H Achmad Ali. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan menggunakan metode kualitatif, karena menjadi obyek penelitian adalah tradisi ritualitas pada ziarah makam Mbah H Achmad Ali di desa Sememi Kidul Surabaya. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui tanggapan masyarakat desa Sememi Kidul terhadap adanya ritual keagamaan makam Mbah H Achmad Ali, ingin mengetahui hubungan islam dengan masyarakat desa sememi kidul kecamanatan benowo, Surabaya terhadap makam Mbah H Achmad Ali. Dari hasil penelitian dapat digambarkan bahwa a yang mendasari umat Islam di desa Sememi Kidul mengadakan acara ritual keagamaan d makam Mbah H Achmad Ali adalah ngalap barokah atau berwasilah berdoa kepada Allah swt. karena menurut mereka bahwa mbah A. Ali pada masa hidupnya adalah termasuk orang yang alim dalam mensiarkan agama Islam. Sedangkan pandangan masyarakat setepat terhadap upacara tersebut adalah positif karenadengan adanya ritual dan parapenziarahbisamenjaga keamanan dan perdamaian hati masyarakat setempat.

Kata kunci : Ritual, agama, budaya, makam

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mufidah, Lailatullailatulmufidah03@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Budaya - Agama
Adat
Keywords: ritual agama; budaya; makam
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: MUFIDAH LAILATUL
Date Deposited: 04 Sep 2017 06:55
Last Modified: 11 Mar 2019 07:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/19947

Actions (login required)

View Item View Item