Pengembangan alat ukur psikologi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muhid, Abdul and Suhadiyanto, Suhadiyanto and Nurhidayat, Dona (2015) Pengembangan alat ukur psikologi. UIN Sunan Ampel Press. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Pengembangan Alat Ukur Psikologi.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Yang dimaksud dengan pengukuran psikologi adalah pengukuran aspek-aspek tingkah laku yang nampak, yang dianggap mencerminkan prestasi, bakat, sikap dan aspek-aspek kepribadian yang lain. Pengukuran psikologi merupakan pengukuran dengan obyek psikologis tertentu. Objek pengukuran psikologi disebut sebagai psychological attributes atau psychological traits, yaitu ciri yang mewarnai atau melandasi perilaku. Perilaku sendiri merupakan ungkapan atau ekspresi dari ciri tersebut, yang dapat diobservasi. Namun tidak semua hal yang psikologis dapat diobservasi. Oleh karena itu dibutuhkan indikator-indikator yang memberikan tanda tentang derajat perilaku yang diukur. Agar indikator-indikator tersebut dapat didefinisikan dengan lebih tepat, dibutuhkan psychological attributes/traits yang disebut konstruk (construct).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Book
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muhid, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Suhadiyanto, SuhadiyantoUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Nurhidayat, DonaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Psikologi
Keywords: Alat ukur psikologi
Divisions: Karya Ilmiah > Buku Ajar
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 05 Sep 2017 01:42
Last Modified: 05 Sep 2017 03:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/20022

Actions (login required)

View Item View Item