Hermeneutika II: buku perkuliahan Program S-1 Prodi Filsafat Agama Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zamzami, Mukhammad (2015) Hermeneutika II: buku perkuliahan Program S-1 Prodi Filsafat Agama Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Sunan Ampel Surabaya. IAIN Press, Surabaya.

[img]
Preview
Text
Hermeneutika II.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Buku perkuliahan ini disusun sebagai salah satu sarana pembelajaran pada mata kuliah Hermeneutika II. Secara rinci buku ini merupakan kelanjutan dari mata kuliah Hermeneutika I, di mana dalam materi tersebut difokuskan pada khazanah teoretis tentang mazhab-mazhab hermeneutika di Barat. Selanjutnya, proses transferensi keilmuan hermeneutis itu—langsung maupun tidak langsung—banyak mempengaruhi khazanah pemikiran Muslim kontemporer di dunia Islam yang menjadikan hermeneutika sebagai tool of analysis dalam memahami teks-teks suci. Adapun paket-paket yang akan diketengahkan dalam perkuliahan antara lain: selayang pandang mazhab hermeneutika Barat, yang dilanjutkan dengan teori dan aplikasi teori hermeneutika dalam membaca teks-teks keagamaan. Dalam hal ini penulis akan mengurai secara singkat teori hermeneutika Muslim kontemporer seperti Muhammad Shahrûr, Nasr Hâmid Abu Zayd, Fazlur Rahman, dan beberapa produk hermeneutika Muslim lain. Akhirnya, penulis ucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Dr. Chafid Wahyudi, M.Fil.I dan semua pihak yang telah turut membantu dan berpartisipasi demi tersusunnya buku perkuliahan Hermeneutika II, khususnya pihak UIN Sunan Ampel Surabaya dan IDB. Kritik konstruktif dan saran kami tunggu guna penyempurnaan buku ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Book
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zamzami, MukhammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Tafsir
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Hermeneutika
Divisions: Karya Ilmiah > Buku Ajar
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 06 Sep 2017 07:34
Last Modified: 15 Sep 2017 07:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/20045

Actions (login required)

View Item View Item