Metode penelitian bahasa: buku perkuliahan Program S-1 Program Studi Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Adab dan Humaniora UIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Abdullah, Asep Abbas (2013) Metode penelitian bahasa: buku perkuliahan Program S-1 Program Studi Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Adab dan Humaniora UIN Sunan Ampel Surabaya. IAIN Press, Surabaya.

[img]
Preview
Text
Metode penelitian bahasa.pdf

Download (771kB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/20118

Abstract

Metode penelitian bahasa sangat dibutuhkan oleh mahasiswa, karena penelitian yang dilaksanakan berada pada wilayah kebahasaan. Untuk membantu mahasiswa menjalankan tugas penelitian, maka diterbitkan sebuah buku ajar yang meberikan cara pemahaman menggunakan metode dalam penelitian bahasa. Sebagai mahasiswa jenjang pendidikan strata satu (S-1), tidak akan berhasil menyelesaikan studinya dan mendapat gelar kesarjanaan, apabila hasil penelitiannya belum dinyatakan lulus, melalui dewan penguji di masing-masing jurusan. Dalam buku ajar yang sudah tersusun ini, hendaknya mahasiswa memahami berbagai macam metode, untuk selanjutnya menentukan salah satu metode yang betul-betul dikuasai, dan selanjutnya digunakan dalam penelitian. Apabila sebuah metode tidak dikuasai dengan benar, maka penelitian yang dilakukan akan membuahkan hasil yang tidak memuaskan dan dewan penguji tidak akan meluluskan penelitian tersebut. Setelah penguasaan metode, mahasiswa juga diharuskan memilih objek penelitian yang tepat sesuai dengan kemampuan penguasaan bidang ilmu yang dipelajarinya, oleh karena meski sebuah metode dapat dikuasai, hasilnya tidak akan baik seandainya objek penelitian yang dianalisisnya kurang dipahami oleh mahasiswa. Selenjutnya, selain beberapa metode dan beberapa objek penelitian, dalam buku ajar ini juga terdapat beberapa contoh penerapan metode dalam penelitian bahasa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Book
Creators:
CreatorsEmailNIM
Abdullah, Asep Abbas--UNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Keywords: Metode penelitian; penelitian bahasa
Divisions: Karya Ilmiah > Buku Ajar
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 12 Sep 2017 04:05
Last Modified: 08 Dec 2017 16:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/20118

Actions (login required)

View Item View Item