Ilmu falak praktis: waktu salat. arah kiblat dan kelender hijriah: buku perkuliahan Program S-1 Program Studi Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah) Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Salam, Abd. (2015) Ilmu falak praktis: waktu salat. arah kiblat dan kelender hijriah: buku perkuliahan Program S-1 Program Studi Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah) Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Ampel Surabaya. IAIN Press, Surabaya.

[img] Text
Ilmu falak praktis.pdf

Download (3MB)

Abstract

Di lingkungan Perguruan Tinggi Agama Islam (PTAI), mata kuliah ilmu falak secara kurikuler diajarkan hanya kepada mahasiswa fakultas syariah. Kenapa? Karena peraturan perundang-undangan memberi peluang kepada sarjana syariah untuk mengampu profesi di bidang hukum, di antaranya sebagai hakim di lingkungan peradilan agama. Di antara perkara yang ditangani peradilan agama adalah itsbat (penetapan) atas kesaksian rukyatul hilal sebagai dasar penetapan awal Ramadan, Syawal, dan Zulhijjah. Supaya kompetensi tersebut bisa diselenggarakan dengan semestinya, hakim agama dituntut memiliki penguasaan terhadap ilmu falak. Dari sinilah ilmu yang pernah dikembangkan dengan amat mengesankan oleh peradaban Islam itu mendapat pintu masuk untuk menjadi bagian dari kurikulum fakultas syariah. Di lingkungan perguruan tinggi umum (PTU), mungkin hanya Institut Teknologi Bandung (ITB) yang memberi perhatian khusus dan serius pada ilmu ini dengan membuka jurusan astronomi. Di dunia pesantren bahkan sudah lama dianggap sebagai “barang langka” karena hanya segelintir pesantren yang mengajarkan ilmu ini kepada santri-santrinya. Di luar institusi-institusi pendidikan tersebut, kajian tentang ilmu falak hampir tidak dapat ditemukan kecuali di lingkungan kecil komunitas peminatnya. Semua itu menjadi latar yang sah dari keadaan di mana buku dan referensi yang diperlukan untuk mempelajari ilmu falak amat terbatas dan relatif tidak mudah diperoleh di toko buku dan tidak tersedia di perpustakaan. Buku dan referensi itu sering hanya beredar di kalangan komunitas peminatnya dan sebagiannya malah masih dalam bentuk fotokopi. Keterbatasan sumber belajar ini tentu saja menjadi tantangan yang harus diatasi karena problem tersebut bukan hanya membuat sulit mahasiswa tetapi dosen pengajarnya juga. Semoga buku perkuliahan Ilmu Falak yang ada di tangan Anda ini dapat mengurangi intensitas dampak dari problem keterbatasan sumber belajar itu tadi. Semoga dalam kesedehanaan dan keterbatasannya, buku teks ini membawa manfaat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Book
Creators:
CreatorsEmailNIM
Salam, Abd.UNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Salat > Salat, Waktu
Falak
Keywords: Ilmu falak; belajar
Divisions: Karya Ilmiah > Buku Ajar
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 13 Sep 2017 08:26
Last Modified: 15 Sep 2017 07:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/20145

Actions (login required)

View Item View Item