Hukum ekonomi: buku perkuliahan Program S-1 Program Studi Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah) Fakultas Syari’ah dan Hukum UIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Suyikno, Suyikno (2015) Hukum ekonomi: buku perkuliahan Program S-1 Program Studi Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah) Fakultas Syari’ah dan Hukum UIN Sunan Ampel Surabaya. IAIN Press, Surabaya.

[img]
Preview
Text
Hukum ekonomi.pdf

Download (759kB) | Preview

Abstract

Perkuliahan pada paket ini didesain untuk mengantarkan mahasiswa memahami tentang pengertian, sejarah dan asas-asas hukum ekonomi. Perkuliahan akan dibawa pada bagaimana memahami hukum ekonomi sebagai suatu cabang studi hukum yang masih belum banyak dikenal masyarakat. Paket ini merupakan paket dasar yang menjadi pengantar untuk masuk pada materi berikutnya. Secara detail, paket ini akan mengkaji secara khusus beberapa hal dalam memahami hukum ekonomi, yaitu tentang definisi, ruang lingkup, asas-asas, dasar hukum serta sejarah hukum ekonomi. Berdasarkan materi yang tersaji tersebut, mahasiswa diharapkan mampu memahami masalah pokok (dasar) dari hukum ekonomi. Sebelum perkuliahan dilakukan, dosen akan mengantarkan perkuliahan di paket ini dengan materi tentang perkembangan hukum dagang sebagai induk dari hukum ekonomi. Selanjutnya, dosen akan meminta mahasiswa untuk mengatur menjadi 3 deret berbentuk U. Masing-masing mahasiswa diberi selembar kertas untuk menulis sebuah pertanyaan. Setelah selesai, maka kertas itu ditukar dnegan temannya di sisi kiri dan kanan. Selanjutnya, proses diskusi dilakukan dengan cara memberikan waktu pada mahasiswa lain untuk merespon dan menjawab pertanyaan yang disampaikan tersebut. Demikian seterusnya, hingga waktu yang ditentukan berakhir. Di akhir sesi diskusi, dosen akan melakukan klarifikasi dan membuat benang merah agar tujuan paket ini tercapai. Penguasaan dasar-dasar dalam Paket 1 ini diharapkan menjadi modal mahasiswa untuk mempelajari paket selanjutnya, terutama materi-materi dasar yang termasuk dalam ruang lingkup hukum ekonomi. Penyiapan media pembelajaran dalam proses perkuliahan ini menjadi sesuatu yang sangat penting untuk efektifitas seluruh proses yang berlangsung. Perkuliahan ini memerlukan media pembelajaran berupa kertas ukuran 10x10 cm, LCD dan Laptop sebagai media pembelajaran utama. Selain itu, perkuliahan ini juga membutuhkan spidol, papan tulis sebagai alat yang menunjang efektifitas proses perkuliahan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Book
Creators:
CreatorsEmailNIM
Suyikno, SuyiknoUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Hukum
Keywords: Hukum ekonomi
Divisions: Karya Ilmiah > Buku Ajar
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 15 Sep 2017 08:20
Last Modified: 15 Sep 2017 08:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/20186

Actions (login required)

View Item View Item