Hubb Allah dalam al-Qur'an: studi terhadap tafsir al-Jailani karya Syaikh Abdul Qadir al-Jailani

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Novita, Nur Amaliatun (2017) Hubb Allah dalam al-Qur'an: studi terhadap tafsir al-Jailani karya Syaikh Abdul Qadir al-Jailani. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (600kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (422kB) | Preview
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (902kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (777kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (945kB)
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (453kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (592kB) | Preview

Abstract

Hubb atau cinta adalah pokok dalam kehidupan. Hubb adalah dasar dari kreatifitas Allah di muka bumi. Hubb adaah hakikat ubudiyyah seorang hamba kepada Allah, sebagai landasan keimanan yang pada akhirnya mampu mengantarkan seseorang pada derajat manusia yang sempurna di mata Allah SWT.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang hakikat hubb Allah dalam al-Qur’an perspektif Abdul Qadir al-Jailani, pemahaman tentang cara mendapat hubb Allah dalam al-Qur’an perspektif Abdul Qadir al-Jailani, dan pemahaman tentang implikasi hubb Allah dalam al-Qur’an terhadap keimanan seseorang perspektif Abdul Qadir al-Jailani. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang mengarah kepada penjelasan model deskriptif analisis, yakni mengklasifikasikan ayat-ayat yang mengandung term hubb menguraikan, kemudian menganalisis implikasinya. Pendekatan yang diterapkan dalam penelitian ini adalah pendekatan ilmu maudhu’iy dan sufi ishary, dengan teknik pengumpulan data melalui riset kepustakaan (library research).Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa, hakikat hubb Allah dalam al-Qur’an perspektif Abdul Qadir al-Jilani dalam Tafsir al-Jailani yang diisyaratkan oleh golongan yang dicintai Allah yaitu suci (bersih), taubat, ihsan, tawakkal, takwa, sabar, adil, dan jihad di jalan Allah. Kedua, cara mendapatkan hubb Allah dalam ayat-ayat al-Qur’an perspektif Abdul Qadir al-Jailani dalam Tafsir al-Jailani dapat diperoleh dengan memantapkan iman dan menegakkan ketauhidan karena iman yang mantap dan tegakkanya tauhid akan dilihat oleh Allah sebagai bukti atas kebenaran ikrar (janji) umat Islam kepada Allah yang menjadi sebab Allah melimpahkan cinta-Nya kepada hamba-Nya. Cara kedua adalah dengan mengikuti Rasulullah SAW secara keseluruhan baik dari sunnah qauliyah maupun sunnah fi’liyah. Ketiga, implikasi hubb Allah dalam al-Qur’an terhadap keimanan seseorang perspektif Abdul Qadir al-Jailani dalam Tafsir al-Jailani bahwa Allah adalah pihak yang pertama yang memberikan rasa cinta pada iman di hati orang mukmin. Rasa cinta kepada iman yang ditanamkan oleh Allah di hati umat Islam tersebut adalah pangkal segalanya, karena cinta Ilahi yang dibarengi dengan ubudiyyah yang benar akan mengokohkan iman, dari iman yang kokoh akan membuahkan kebaikan yang terus menerus sehingga menyampaikan manusia pada derajat manusia sempurna.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Novita, Nur Amaliatunvitalyfahmi@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Al Qur'an
Tafsir
Keywords: Hubb Allah; al-Qur'an; tafsir al-Jailani
Divisions: Program Magister > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Novita Nur Amaliatun
Date Deposited: 18 Sep 2017 07:43
Last Modified: 12 Mar 2019 04:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/20213

Actions (login required)

View Item View Item