Peningkatan kemampuan menghafal Mata Pelajaran al Quran Hadits dengan metode Jigsaw di Kelas VI MI Nurul Islam Kumpulrejo Parengan Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wulandari, Reni (2012) Peningkatan kemampuan menghafal Mata Pelajaran al Quran Hadits dengan metode Jigsaw di Kelas VI MI Nurul Islam Kumpulrejo Parengan Tuban. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Reni Wulandari_D07208019 ok.pdf

Download (6MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/20219

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kualitas program pembelajaran di madrasah, seringkali disebabkan oleh sistem pembelajaran yang dilakukan di madrasah tersebut. Sejumlah faktor yang diduga sebagai penyebab rendahnya kemampuan siswa dalam menghafal pada mata pelajaran al-Qur'an Hadits, antara lain disebabkan oleh kurang adanya dukungan dari orang tua, teman dan lingkungan. Guru juga menggunakan metode yang monoton serta tidak menarik akhimya siswa merasa bosan dan sulit dalam menghafal pada pelajaran al-Qur'an Hadits. Untuk meningkatkan kemampuan menghafal, maka dicoba tindakan pembelajaran melal ui model kooperatif tipe Jigsaw. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (l) Bagaimana kemampuan menghafal al-Qur'an Hadits di kelas VI MI Nurul Islam Kumpulrejo Parengan Tuban sebelum menggunakan metode jigsaw? (2) Bagaimana penerapan metode jigsaw dalam meningkatkan kemampuan menghafal materi al-Qur'an Hadits di kelas VI MI Nurul Islam Kumpulrejo Parengan Tuban? (3) Bagaimana kemampuan menghafal al-Qur'an Hadits di kelas VI MI Nurul Islam Kumpulrejo Parengan Tuban setelah menggunakan metode jigsaw? Untuk memperoleh hasil penelitian, penelitian dilakukan dengan metode kolaboratif antara kuantitatif dan kualitatif. Metode kuantitatif menghasilkan data berupa angka rata-rata hasil kemampuan menghafal dan basil belajar siswa dan metode kualitatif menghasilkan data berupa deskripsi hasil pengamatan. Model PTK yang digunakan yaitu model Kurt Lewin yang dalam satu siklus terdiri dari empat komponen, meliputi: perencanaan, tindakan, observasi, dan retleksi. Hasil penelitian ini: (1) Kemampuan siswa dalam menghafal pada mata pelajaran al-Qur'an Hadits di kelas VI MI Nurul Islam Kumpulrejo Parengan Tuban sebelum menggunakan metode jigsaw sangat rendah, dilihat dari ketuntas belajar, siswa yang sudah tuntas 45,60% dan yang belum tuntas 54,40%. Dikarenakan dalam pembelajaran itu strateginya kurang menarik untuk meningkatkan kemampuan menghafal, sehingga siswapun menjadi bosan dan jenuh. (2) Penerapan metode jigsaw dalam meningkatkan kemampuan menghafal materi al-Qur'an Hadits di kelas VI MI Nurul Islam Kumpulrejo Parengan Tuban dilaksanakan melalui dua siklus yang pada setiap siklus langkah-langkahnya berbeda. (3) Kemampuan menghafal materi al-Qur'an Hadits di kelas VI MI Nurul Islam Kumpulrejo Parengan Tuban setelah menggunakan metode jigsaw mengalami peningkatan. Dengan indikator, pada siklus I 66,7% dari rata-rata 71,39 dan pada siklus II keberhasilan siswa dalam menghafal mencapai 100% dengan nilai terendah melebihi batas KKM (75) yaitu 77 dari nilai rata-rata kelas 84,22.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wulandari, Reni--D07208019
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukaffa, ZumrotulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Hafalan
Pendidikan > Metode
Keywords: Menghafal mata pelajaran al Quran Hadits; metode Jigsaw
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 18 Sep 2017 07:12
Last Modified: 28 Dec 2023 08:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/20219

Actions (login required)

View Item View Item