Polemik hak pengelolaan (HPL) perspektif politik agraria: studi kasus perolehan hak milik surat ijo di Kecamatan Gubeng Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Tetuko, Andi (2017) Polemik hak pengelolaan (HPL) perspektif politik agraria: studi kasus perolehan hak milik surat ijo di Kecamatan Gubeng Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Andi Tetuko_E04213007.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan sebuah penelitian lapangan yang bertujuan untuk mendeskripsikan polemik hak pengelolaan lahan dalam prespektif politik agraria. Dalam penelitian ini akan dibahas mengenai pandangan masyarakat mengenai hak pengelolaan lahan pemkot atas tanah yang bersurat ijo, dan hubungan antara pemkot dengan masyarakat pemegang surat ijo dalam proses pengalihan hak milik. Penelitian ini menggunakan konsep mengenai politik agraria. Dalam penelitian ini konsep politik agraria digunakan sebagai alat analisis mengenai polemik hak pengelolaan lahan surat ijo. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun informan dalam penelitian ini adalah Dinas Pengelolaan Bangunan dan Tanah Kota Surabaya, LSM GPHSIS, dan masyarakat pemegang surat ijo wilayah Kecamatan Gubeng. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) masyarakat menilai bahwa pemkot Surabaya hanya mengakui tanpa memiliki bukti kepemilikan atas tanah yang bersurat ijo, masyarakat menganggap telah terjadi politisasi dan penggunaan wewenang yang atas hak pengelolaan lahan yang seharusnya tidak boleh disewakan kepada masyarakat. (2) hubungan antar pemerintah kota Surabaya dengan warga pemegang surat ijo berdasarkan ketidaksepahaman dalam mempertahankan sumber daya alam berupa tanah yang bersurat ijo Dan stabilitas relasi nya (unstable). Pola relasinya adalah Disosiatif, yakni interaksi yang memungkinkan kompetisi diantara keduanya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Tetuko, AndiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Politik
Keywords: Surat Ijo; hak pengelolaan; HPL
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Filsafat Politik Islam
Depositing User: Tetuko Andi
Date Deposited: 22 Sep 2017 08:13
Last Modified: 13 Mar 2019 03:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/20284

Actions (login required)

View Item View Item