Strategi Kepala Sekolah untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mengembangkan sarana dan prasarana di MTs. Hidayatul Mubtadi'in Sampang Madura

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Fitria Mega (2012) Strategi Kepala Sekolah untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mengembangkan sarana dan prasarana di MTs. Hidayatul Mubtadi'in Sampang Madura. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (639kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (800kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (402kB) | Preview
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (120kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (193kB)

Abstract

Peran kepala sekolah sangatlah penting dalam lembaga pendidikan, salah satunya yaitu dalam mengembangkan sarana dan prasarana dalam lembaga pendidikan tersebut. Untuk mengembangkan sarana dan prasarana dibutuhkan upaya dan strategi yang dilakukan kepala sekolah untuk mengembangkan lembaga yang di pimpinya, salah satunya yakni dengan menarik partisipasi dari masyarakat. Jika hubungan sekolah dengan masyarakat berjalan dengan baik, maka rasa tanggung jawab dan partisipasi masyarakat untuk memajukan sekolah juga akan baik dan tinggi. Fokus penelitian ini adalah Strategi Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Dalam Mengembangkan Sarana dan Prasarana Di MTs. Hidayatul Mubtadi'in Sampang Madura dengan rincian sebagai berikut: bagaimana partisipasi masyarakat di MTs. Hidayatul Mubtadi'in Sampang Madura, bagaimana perkembangan sarana dan prasarana di MTs. Hidayatul Mubtadi'in Sampang Madura, bagaimana strategi kepala sekolah dalam meningkatkan partisipasi masyarakat untuk pengembangan sarana prasaran di MTS Hidayatul Mubtadi 'in Sampang Madura. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga cara yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yag terkumpul kemudian di analisis dengan tek.nik pengecekan dan keabsahan data yang diperoleh, dan untuk mengetahui keabsahan data yang ditulis diperlukan adanya teknik keabsahan data yakni dengan menggunakan dua cara yaitu trianggulasi dan pengamatan mendalam. Strategi kepala sekolah MTs. Hidayatul Mubtadi'in dalam mengembangkan sarana dan prasarana yakni dengan mengefisienkan pengeluaran sekolah, menciptakan kerjasama dengan masyarakat, membuat sistem pemeliharaan sarana prasarana, memelihara dan menjaga sarana prasarana sekolah. Dan dari semua itu dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mengembangkan sarana dan prasarana yang ada di MTs. Hidayatul Mubtadi'in sehingga bisa menunjang keberhasilan pendidikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Fitria MegaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Kepala Sekolah
Masyarakat
Keywords: Partisipasi masyarakat; pengembangan sarana-prasarana
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 26 Sep 2017 02:23
Last Modified: 26 Sep 2017 02:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/20349

Actions (login required)

View Item View Item