Efektivitas pembelajaran melalui penilaian berbasis kelas mata pelajaran al Quran Hadits Kelas VIII MTs Nurul Ihsan Temper Lumajang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muslich, Achmad (2012) Efektivitas pembelajaran melalui penilaian berbasis kelas mata pelajaran al Quran Hadits Kelas VIII MTs Nurul Ihsan Temper Lumajang. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (583kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (114kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (237kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (949kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (123kB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/20363

Abstract

Metode pengajaran adalah suatu cara penyampaian materi pelajaran pada siswa agar mereka dapat memahaminya dengan baik. Adapun penggunaan metode yang tepat dalam suatu pembelajaran adalah memiliki peranan yang sangat penting sebab salah satu segi yang sering disorot orang dalam pengajaran adalah dari segi metode. Dalam skripsi ini, penulis membahas tentang salah satu model dari penilaian yang berbasis kelas. Penilaian berbasis kelas adalah penialaian dalam arti "assessment". Maksudnya adalah data dan infonnasi dari penilaian berbasis kelas merupakan salah satu bukti yang dapat digunakan untuk mengukur keberhasilan suatu program pendidikan. Secara lebih spesifik, penilaian berbasis kelas dapat diartikan sebagai suatu proses pengumpulan, pelaporan, dan penggunaan data dan infonnasi tentang basil belajar peserta didik untulc menetapkan tingkat pencapaian dan penguasaan peserta didik terhadap tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. Tujuan pendidikan yang dimaksud adalah standar kompetensi, kompetensi dasar, dan indikator pencapaian basil belajar yang terdapat dalam kurikulum. Dalam penelitian ini, penulis mengambil objek di MTs Nurul Ihsan Tempeh Lwnajang dan sampelnya adalah Kelas VIII Unggulan yang bertujuan untulc mengetahui: 1. Sejauh mana efektivitas pembelajaran melalui penilaian berbasis kelas mata pelajaran Al-Qur'an Hadits kelas VIII MTs Nurul Ihsan Tempeh Lumajang? 2. Bagaimana pelaksanaan penilaian berbasis kelas mata pelajaran Al-Qur'an Hadits kelas VIII MTs Nurul Ihsan Tempeh Lumajang? 3. Faktor apa saja yang mendukung clan menghambat penilaian berbasis kelas yang dilaksanakan di MTs Nurul lhsan Tempeh Lumajang? Dan dalam hal ini, penulis mengambil siswa kelas VIII Unggulan sebagai sampelnya. Berdasarkan tujuan di atas, maka penulis menggunakan berbagai macam metode, baik yang bersifat kualitatif maupun yang bersifat kuantitatif, serta metode observasi, interview, angket serta dokumentasi untuk memperoleh data-data yang berhubungan dengan MTs Nurul Thsan Tempeh Lumajang, dan uji statistik korelasi Product moment untuk mengetahui keefektifan pembelajaran melalui penialain berbasis kelas mata pelajaran Al-Qur'an Hadits Kelas VIII MTs Nurul Ihsan Tempeh Lumajang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muslich, Achmad--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Manajemen Kelas
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Pembelajaran; penilaian berbasis kelas
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 26 Sep 2017 06:39
Last Modified: 08 Dec 2017 16:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/20363

Actions (login required)

View Item View Item