This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Yuslikah, Yuslikah (2012) Analisis strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah kreatif SMP Muhammadiyah 18 Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Cover.pdf Download (541kB) |
||
Text
Abstrak.pdf Download (105kB) |
||
Text
Daftar Isi.pdf Download (318kB) |
||
Text
Bab 1.pdf Download (532kB) |
||
|
Text
Bab 2.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (867kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (511kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 6.pdf Download (170kB) | Preview |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (212kB) |
Abstract
Pembelajaran merupakan suatu proses yang komplek dan melibatkan berbagai aspek yang saling berkaitan. Salah satu masalah yang dihadapi dunia pendidikan kita adalah masalah lemahnya proses pembelajaran. Dalam sistem pendidikan, guru memegang peranan sentral dalam proses pembelajaran. Untuk itu guru harus mempunyai cara atau metode yang tepat dalam menyampaikan suatu pelajaran salah satunya adalah dengan strategi pembelajaran. Dihubungkan dengan belajar mengajar strategi bisa diartikan sebagai perwujudan kegiatan belajar mengajar untuk mencapai tujuan yang telah digariskan. Dari latar belakang di atas, muncul rumusan masalah yang dapat diangkat: pertama, Bagaimana strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Kreatif SMP Muhammadiyah 18 Surabaya?, Kedua, Apa saja faktor pendukung dan penghambat proses penerapan strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Kreatif SMP Muhammadiyah 18 Surabaya? Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan kasus (case study), pengumpulan datanya dengan telrnik interview, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data mengikuti konsep yang diberikan Miles dan Hubenna.i. Pengecekan keabsahan data da:am penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian tersebut adalah strategi pembelajaran pendidikan agama islam di Sekolah Kreatif SMP muhammadiyah 18 surabaya dalam konteks Knowladge dilaksanakan dengan melalui strategi pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) dengan pendekatan tematik. Dengan faktor pendukung; Lokasi yang sangat kondusif dan efektif, keanekaragaman fasilitas dan sarana prasarana yang terscdia, guru-guru yang sangat mendukung sekali dalam penerapan strategi pembelajaran khususnya pelajaran PAI, dan Kepala Sekolah yang mempunyai jiwa pcmimpin yang cerdas dan inovatif, dengan kecakapan, keahlian, kesabaran. dan keihlasan, dan faktor penghambat: Guru non PNS, guru kurang kreatif dalam mengemas pembelajarannya. perlu adanya penambahan fasilitas sarana dan prasarana. Berdasarkan hasil penelitian di atas, disarankan kepada sekolah, khususnya bagi guru Pendidikan Agama Islam untuk leih meningkatkan profcsionalitasnya dalam mengajar dan lebih kreatif dalam menggunakan media pembelajaran yang telah tersedia sehingga pendidikan agama islam bisa menjadi pelajaran yang menjadi prioritas utama bagi siswa pada umumnya dan orang tua pada khususnya.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan Materi |
||||||
Keywords: | Strategi pembelajaran; Pendidikan Agama Islam; sekolah kreatif SMP Muhammadiyah 18 Surabaya | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor : samid library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 27 Sep 2017 02:12 | ||||||
Last Modified: | 27 Sep 2017 02:12 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/20374 |
Actions (login required)
View Item |