Pengembangan life skills peserta didik melalui unit produksi seni, kerajianan dan pariwisata di SMK Negeri 6 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayatullah, Agus (2012) Pengembangan life skills peserta didik melalui unit produksi seni, kerajianan dan pariwisata di SMK Negeri 6 Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (803kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (876kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (882kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (301kB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/20388

Abstract

Pengembangan kecakapan hidup (life skills) sebagai kegiatan sekolah yang berbasis masyarakat sangat penting dilakukan dalam mengembangkan potensi generasi muda sebagai sumber daya manusia (SDM) yang dibutuhkan dalam pembangunan. Oleh karena itu sekolah hendaknya mengembangkan kegiatan ini secara terus menerus, dan lebih penting lagi melibatkan pihak-pihak lain dalam skala lebih besar, sehingga kegiatan kecakapan hidup (lfe skills) akan dapat mengembangkan dan memberikan bekal keterampilan kepada generasi muda yang dapat digunakan sebagai bekal memasuki lapangan pekerjaan dan dapat mengurangi angka pengangguran. Melihat fcnomena ini dirasa perlu memberikan perhatian khusus terhadap perubahan pendidikan dengan menerapkan pendidikan kecakapan hidup (life skills) yang diharapkan sebagai alternative solusi yang efektif dalam upaya meningkatkan tenaga kerja terampil dan pernahaman masyarakat terhadap peranan unit produksi yang di kembangkan di sekolah menengah kejuruan negeri 6 Surabaya. Dalam penelitian ini, masalah yang diteliti adalah bagaimana pengembangan life skills peserta didik di SMK Negeri 6 Surabaya, bagaimana peran unit produksi seni, kerajinan dan pariwisata di SMK Negeri 6 Surabaya, bagaimana kendala pengembangan life skill peserta didik melalui unit produksi seni, kerajinan dan pariwisata di SMK Negeri 6 Surabaya. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah . untuk mengetahui pengembangan life skill peserta didik melalui unit produksi seni, kerajinan dan pariwisata di SMK Negeri 6 Surabaya, untuk mengetahui peran unit produksi seni, kerajinan dan pariwisata di SMK Negeri 6 Surabaya, dan untuk mengetahui kendala pengembangan life skill peserta didik melalui unit produksi seni, kerajinan dan pariwisata di SMK Negeri 6 Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun informan penelitiannya adalah kepala sekolah, humas sekolah, kurikulum, dan guru unit produksi. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokurnentasi. Data yang diperoleh rnelalui metode dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil dari proses pengembangan life skills peserta didik melalui unit produksi seni, kerajinan dan pariwisata di SMK Negeri 6 Surabaya dapat dikatakan efektif, hal ini dapat dilihat dari sikap yang timbulkan oleh peserta didik antara lain: mampu memecahkan masalah pembelajaran, kemampuan bersikap mandiri, kemampuan berfikir kreatif, kemampuan menciptakan produksi baru, kemampuan membangun mental wiraswasta.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayatullah, Agus--UNSPECIFIED
Subjects: Keterampilan
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Sumber Daya Manusia
Keywords: Life skills; peserta didik; unit produksi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 27 Sep 2017 06:52
Last Modified: 08 Dec 2017 16:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/20388

Actions (login required)

View Item View Item