Pengaruh penerapan model pembelajaran edutainment terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 13 surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hikmah, Liwaul (2012) Pengaruh penerapan model pembelajaran edutainment terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 13 surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (500kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (686kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (582kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (139kB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/20407

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian tentang pengaruh penerapan model pembelajaran edutainment terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMPN 13 Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang rumusan masalah yang meliputi penerapan model pembelajaran edutainment terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dalam mengikuti proses belajar dengan menggunakan model pembelajaran serta pengaruh keduanya dengan dilengkapi kajian teori yang membahas tentang model pembelajaran edutainment dan pemahaman. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif korelasional, yakni metode penelitian lapangan yang memerlukan analisa statistik yang sesuai dengan permasalahan yang ada, karena penelitian ini berusaha untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran edutainment terhadap pemahaman siswa pada mata peajaran pendidikan agama Islam. Untuk menjawab rumusan masalah yang pertama dan kedua peneliti menggunakan rumus prosentase, untuk rumusan masalah yang ketiga peneliti menggunakan rumusan product moment. Sedangkan untuk pengumpulan datanya menggunakan observasi, interview, dokumentasi, dan angket. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil sampel 40 siswa dari 335 jumlah siswa kelas VII di SMPN 13 Surabaya. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa penggunaan model pembelajaran edutainment dengan prosentase 0,62 dan dari hasil signifikansi 0,05% dan 0,01%, dari sini dapat diketahui bahwa "rxy" > r t maka hipotesis diterima. Berarti model pembelajaran edutainment terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMP Negeri 13 Surabaya diterapkan cukup baik oleh siswa siswi SMP Negeri 13 Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hikmah, Liwaul--UNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Keywords: Model pembelajaran; edutainment
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 28 Sep 2017 07:23
Last Modified: 08 Dec 2017 16:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/20407

Actions (login required)

View Item View Item