Dhikir perspektif KH. Ahmad Asrori al-Ishaqi: penafsiran ayat-ayat dhikir menurut KH.Ahmad Asrori al-Ishaqi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Samuji, Samuji (2017) Dhikir perspektif KH. Ahmad Asrori al-Ishaqi: penafsiran ayat-ayat dhikir menurut KH.Ahmad Asrori al-Ishaqi. Masters thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (673kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (547kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (205kB) | Preview

Abstract

Judul tesis ini di dalamnya memuat penjelasan tentang seputar Dhikir yang dibimbing oleh Guru pembimbing spiritual (Murs}id) dengan mengambil serta qaul ulam’ Salafunassholeh dan dari pendapat beliau sendiri KH. Ahmad Asrori Al-Ish}a>qi. Peran beliao tentu bukanlah hanya dalam kajian teks atau pembahasan teori saja, akan tetapi merupakan wujud nyata secara konkrit dalam kehidupan bermasyarakat yang sesungguhnya. Alasan yang melatar belakangi penulis untuk memilih dan mengangkat judul tesis ini adalah karena adanya suatu asumsi atau persepsi bahwa Dhikir adalah cukup dengan membaca lafadl Dhikir atau sekedar hafal-hafalan membaca lafad Dhikir saja. Dhikir disini mempunyai adab dan tatakrama dan hubungan dengan guru pembimbing (Mursid), bentuk sikap dan perilaku yang mentradisi di kalangan kaum tarikat, terkait urusan hak pribadi seseorang dalam menjalani hidup, yang senantiasa mengedepankan azas ketundukan, kepatuhan dan kepasrahan kepada guru murshid dianggapnya sebagai sesuatu yang berlebihan dan telah melampaui batas kepatutan serta hak asasi manusia. Tesis ini termasuk menggunakan penelitian kualitatif mengedepankan analisis . proses penelitian lebih ditonjolkan . selain itu landasan teori digunakan untuk penelitian yang dilakukan. Pendekatan yang dilakukan yaitu menggunakan pendekatan tasawuf atau isha>ri, bahkan setiap ayat selalu disebutkan makna isha>rinya. Hal ini terlihat dalam langkah-langkah yang beliau tempuh dalam menafsirkan ayat-ayat Dhikir dalam al-Qur’a>n, yaitu menuturkan ayat terlebih dahulu, dilanjutkan dengan mengungkapkan makna-makna z}ahir lafaz dan kemudian menjelaskan isarat-isarat batin yang terkandung pada ayat. Dalam tradisi (urf) kehidupan sosial-tarikat sehari-hari, Dhikir merupakan amalan utama dimana tidak Amalan yang bisa dilakukan dimanapun kapanpun kecuali Dhikir kepada Allah SWT. Bahkan lebih utama dari pada sholat yang harus dalam keadaan suci dan memenuhi syarat-syarat sahnya sholat. Dalam tesis ini penulis akan memaparkan banyak hal tentang Dhikir dengan melakukan perbuatan. Dhikir ini merupakan refleksi Dhikir dengan selalu mengingat Allah akan mendorong seseorang untuk senantiasa melakukan perilaku baik karena apapun yang dia lakukan hanya ditujukan kepada Allah. sekaligus sebagai jawaban atas asumsi, persepsi dan tuduhan yang tidak bertanggung jawab. Penjelasannya akan disusun dalam sub bab-bab pembahasan mulai bab 1-5.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Samuji, SamujiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Tafsir
Keywords: Dhikir; guru; murid; aktualisasi dan relevansi kehidupan
Divisions: Program Magister > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Samuji Samuji
Date Deposited: 06 Oct 2017 07:07
Last Modified: 06 Oct 2017 07:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/20490

Actions (login required)

View Item View Item