Pemikiran pendidikan Ikhwan al-Safa: telaah terhadap suatu model pendidikan eksklusif

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ernawati, Sri (2006) Pemikiran pendidikan Ikhwan al-Safa: telaah terhadap suatu model pendidikan eksklusif. Masters thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (384kB)
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (423kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (186kB) | Preview

Abstract

Ikhwan al-Safa wa Khullan al-Wafa adalah sekelompok filsuf muslim yang bergerak secara rahasia untuk menghindari ancaman politik pemerintahan bani Abbasiyah pada abad IV Hijriyah. Pola gerakannya sangat eksklusif bahkan mereka juga menyembunyikan identitas anggota-anggota gerakannya. Sesuai dengan namanya, Ikhwan al-Safa berarti "persaudaraan yang suci dan bersih", maka asas utama perkumpulan ini adalah persaudaraan yang dilakukan secara tulus ikhlas, kesetiakawanan yang suci, murni serta saling menasehati antara sesama anggota dalam menuju rid}a Allah SWT. Sebagai sebuah organisasi yang eksklusif, maka model pendidikan yang mereka lakukan juga eksklusif. Akan tetapi meski eksklusif, ada sebuah sumber utama yang menceritakan tentang kegiatan maupun pemikirannya yaitu melalui penelurusan dalam karya risalah Ikhwan al-Safa. Dengan menggunakan metode deskriptif-analisis, penulis mengumpulkan data-data yang ada kaitannya dengan Ikhwan al-Safa, baik dari risalah-risalahnya maupun dari buku-buku lainnya. Konsep pendidikan Ikhwan al-Safa ditujukan kepada para remaja hingga usia senja, yaitu mulai usia 15 hingga 40 tahun. Mereka berpendapat bahwa pendidikan usia anak-anak (0-15 tahun) adalah tanggungjawab orang tua masing-masing yang berorientasikan kepada pengoptimalan fungsi panca indera, sedangkan pendidikan remaja adalah tanggung jawab masyarakat umum karena berorientasikan kepada pemecahan terhadap fenomena-fenomena yang terjadi di masyarakat tersebut. Maka, di sini Ikhwan al-Safa merasa terpanggil untuk mendidik generasi muda dalam menghadapi pelbagai permasalahan yang bergejolak di masyarakat sekitarnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ernawati, SriUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Keywords: Ikhwan al-Safa; Model Pendidikan
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 09 Oct 2017 02:35
Last Modified: 09 Oct 2017 02:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/20518

Actions (login required)

View Item View Item