Studi analisis hukum Islam terhadap efektifitas program bantuan modal bergulir zakat di BAZ Jatim

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Niswah, Chaulatun (2009) Studi analisis hukum Islam terhadap efektifitas program bantuan modal bergulir zakat di BAZ Jatim. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (611kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (478kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (807kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (806kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (144kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (133kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menjawab pertanyaan: bagaimana aplikasi zakat di BAZ Jatim lerhadap program bant uan bergulir, bagaimana efekiifita s terhadap program bantuan modal bergulir zakat di BAZ Jalim clan bagaimana analisis hukum Islam terhadap program bantuan modal bergulir zakat di BAZ Jatim11 Data penelitian dihimpun melalui studi lapangan dengan teknik pengumpulan data dimana menggunakan teknik interview, telaah dokumen, clan telaah pustaka kemudian dianalisis dengantehnik analisis deskriptf analisis dengan pola pkir deduktif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: Program modal bergulir zakat adalah sistem pengelolaan zakat, dimana amil (BAZ) memberikan pinjaman dana zakat kepada para mustahiq (orang yang berhak menerima zakat atau UKM) dalam bentuk pembiayaan qardhul hasan . Dalam hal ini pengaplika siaanya: Harus membentuk kelompok setiap kelompok tidak boleh dari 10. Usaha yang dilaksanakan minimal sudah berjalan enam bulan, berprospek bagus, dan berlaku jujur dalam menjalankan usahanya. Bersedia disurvei jenis usahanya, omset dan tempatnya. Setelah berjalan selama kurang lebih 2 tahun program ini banyak diminati masyarakat, terulama dari kalangan menengah kebawah karena program ini dapat membantu kesejahteraan usaha mereka . Jadi program ini cukup efektif dalam pemberdayaan unt uk peningkatan ekonomi. Meski tujuan dari program bantuan modal bergulir zakat di BAZ Jatim ini baik bagi masyrakat yaitu untuk saling tolong menolong anlar sesama manusia dan dapal membantu men sejahterahkan usaha mereka lapi menurut penulis menyimpulkan bahwa program bantuan modal bergulir zakat ini tidak sesuai dari hukum Islam karena pertama program bantuan modal bergulir zakat ini bukan terma suk penyaluran zakat melainkan pendayagunaan zakat yang mana mengarah pada perninjaman dana zakat untuk usaha produktif dan seharusnya program bantuan modal bergulir zakat ini bukan dipinjamkan melainkan di berikan sepenuhnya kepada mustahik-mustahik (UMKM) untuk mengelolah usahanya dengan tidak mengembalikan dana pinjaman. Kedua setelah melihat pada bah sebelumnya bahwa orang yang menerima bantuan modal bergulir zakat tidak tergolong orang yang miskin, tidak marnpu tetapi rata-rata orang yang berkecukupan atau mampu ini dinilai dari profil keluarga dan jenis usaha mereka. Hal ini kepada pihak BAZ Jatim seharusnya lebih cermat untuk memilah mana masyarakat yang layak diberi bantuan modal bergulir zakat clan mana yang tidak seharusnya diberi bantuan modal bergulir zakat ini sesuai dengan Keputusan Menteri Agama RI Nomor 581 Tahun 1999 tentang Pelaksanaan Undang-undang Nomor 38 Tahun 1999 tentang Pengelolaan Zakat pada Bab V pasal 28 yang berbunyi mendahulukan orang-orang yang paling tidak berdaya mernenuhi kebutuhan dasar secara ekonomi dan sangat mernerlukan bantuan . Apabila pendayagunaan zakat sebagaiman dimaksud di atas sudah terpenuhi clan temyata masih terdapat kelebihan baru bantuan modal bergulir zakat ini bi sa dibuat usaha produktif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Niswah, ChaulatunUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Badan Amil Zakat Infaq dan Sadaqah
Hukum Islam
Zakat
Keywords: Hukum Islam; Prgram bantuan modal; badan amil zakat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Arsip Syariah
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 10 Oct 2017 03:20
Last Modified: 10 Oct 2017 04:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/20539

Actions (login required)

View Item View Item