Tinjauan hukum Islam terhadap pola tajdid al-‘aqd (akad baru) Rahn di pegadaian Syariah Kebomas Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Indrawati, Surya (2008) Tinjauan hukum Islam terhadap pola tajdid al-‘aqd (akad baru) Rahn di pegadaian Syariah Kebomas Gresik. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (620kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (560kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (616kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (679kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (331kB) | Preview
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (135kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (125kB)

Abstract

Skripsi ini merupakan basil penelitian mengenai "Tinjauan Hukum Islam Terhadap Pola Tajdid al-'aqd (akad baru) Rahn di Pegadaian Syariah Kebomas Gresik". Penelitian ini penulis lakukan mengingat pada Cabang Pegadaian Syariah Kebomas Gresik adanya pola tajdid al-'aqd(akad baru) rahn. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab masalah yang ada dalam rumusan masalah yaitu untulc mendeskripsikan pola tajdld al- 'aqd (akad baru) rahn di Pegadaian Syariah Kebomas Gresik dan menjawab tentang hukum pola tajdid al- 'aqd (akad barn) ralm di Pegadaian Syariah Kebomas Gresik. Data penelitian diperoleh melalui Pegadaian Syariah Kebomas Gresik yang merupakan obyek penelitian. Berkenaan dengan itu dalam pcnelitian lapangan ini digunakan metode diskriptif kualitatif untuk memberikan penjelasan dan telaah dokumen kemudian data tersebut di analisis dengan pola pikir induktif yaitu mengemukakan fakta dan data tentang.pola tajdid al- 'aqd kemudian dilihat dari sudut pandang hukum Islam yang berupa dalil-dalil Al-Qur' an, Hadist dan pandapat ulama tentang ralm, kemudian untuk mengetahui kesimpulannya dilakukan secara verifikatif yaitu dengan menilai antara teori dengan fakta atau kenyataan, yait u setelah mengetahui gambaran pola tajdld al- 'aqd rahn dan kemudian dianalisis apakah penerapannya sesuai dengan teori-teori hukum yang ada khususnya hukum Islam. Dalam aplikasi pola tajdid al- 'aqd rahn, ketika rahin menggadaikan barangnya, murtahin memberikan pinjaman dan jangka waktu untuk pengcmbalian pinjaman. Namun pada saat akad rahn habis atau jatuh_tempo, maka r"ihin wajib mengembalikan pokok pinjaman dan jasa simpan. Jika rahin belum dapat melunasi pinjaman lersebut pada saat jatuh tempo maka pembaharuan akad (tajdid al- 'aqd) rahn menjadi salah satu altematif untuk melunasi pinjaman. Dengan cara, barang gadai awal rBhin ditaksir ulang oleh murtahin, clikurangi dengan biaya administrasi 80% (sesuai plafon awal) kemudian hasilnya dikurangi dengan besar pinjaman an jasa simpan awal. Jika basil dari penjumlahan lebih maka sisanya diterima oleh rahin, namun scbaliknya jika kurang maka r8h.in wajib mel asinya. Jika tidak bisa melunasi maka altematif terakhir dilelang. Pemberian tajdid al- 'aqd rahn bermaksud mempermudahkan nasabah untuk melunasi pinjaman hutangnya. Dengan demikian tinjauan hukum Islam terhadap pola tajdld al- 'aqd (akad barn) ralm benar-benar sesuai dengan syariat Islam, karena pola tajJid al- 'aqd (akad baru) rahn tersebut tidak menyalahi ketentuan dalam Al-Qur' an dan Al-Hadist maupun sumber-sumber hukum Islam lainnya. Sejalan dengan kesimpulan diatas, maka pihak yang melakukan akad gadai agar memperhatikan pendapat para ulama dan nash (Al-Qu'an dan Al-Hadist). Karena perkembangan zaman modern dan ilmu pengetahuan saat ini membutuhkan hal-hal baru yang dapat memperbaiki kesejahteraan umat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Indrawati, SuryaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Gadai
Hukum Islam
Keywords: Hukum Islam; tajdid al-aqd; rahn; pegadaian
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Arsip Syariah
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 10 Oct 2017 07:56
Last Modified: 10 Oct 2017 07:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/20545

Actions (login required)

View Item View Item