Tinjauan hukum Islam terhadap penerapan risk sharing dalam asuransi syari’ah di kantor agency prudential life assurance cabang Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitriah, Idah (2009) Tinjauan hukum Islam terhadap penerapan risk sharing dalam asuransi syari’ah di kantor agency prudential life assurance cabang Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (646kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (867kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (911kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (919kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (838kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (144kB) | Preview

Abstract

Kebijakan asuransi yang mulai dikeluarkan pada tahun 1976 dengan keluamya Surat Keputusan Menteri Keuangan pada waktu itu dan dikel uarkan lagi Undang-undang nomor 2 tahun I 992 tentang Usaha perasuransian di Indonesia dan Peraturan Pemerintah Nomor 73 tahun 1992 tentang penyelenggaraan usaha perasuransian. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang; tipenerapan asuransi syariah dan tinjauan hukum Islam dalam penerapan risk sharing dalam asuransi syariah di kantor agency prudential life assurance cabang Surabaya. Untuk menjawab pertanyaan di atas, penulis menghimpun data dengan menggunakan interview, dokumenter, serta observasi clan selanjutnya di analisis dengan teknik deskriptif, analisis yaitu dengan menyajikan data tentang penerapan risk sharing, kemudian akan di analisisnya menggunakan pola deduktif, analisis yang menggunakan teori-teori atau dalil tentang asuransi syariah. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan risk sharing harus tidak ada unsure garar, maysir, riba karena asuransi syariah adalah usaha saling melindungi dati tolong menolong diantara sejumlah orang, melal ui investasi dalam sejumlah aset dan atau tabarru' yang memberikan pola pengembalian untuk menghadapi resiko tertentu melalui akad yang sesuai dengan syariah dan mengenai Tinjauan Hukum Islam Terhadap Penerapan Risk Sharing dalam asuransi syariah di Kantor Agency Prudential Life Assurance cabang Surabaya adalah menggunakan penerapan risk sharing, dimana para peserta mengumpulkan dana pada satu rekening atau dana 1abarru' apabila ada salah satu peserta resiko dapat diambil dari rekening tabarru' tadi dan perusahaan hanya mengelola dana peserta yang terkumpul. Sebagai dasar hukum asuransi syariah adalah surat al-Maidah ayat 2 serta menurut ulama bahwa asuransi diperbolehkan. Adapun saran dan kritik penulis adalah dengan adanya penerapan rik sharing dalam asuransi syariah tersebut hendaknya kantor agency prudential Ii fe assurance cabang Surabaya dapat memanfaatkan dana atau uangnya dengan baik untuk kemaslahastan polis dan digunakan untuk kegiatan muamalah. Waiau banyak yang membeli produk konvensional tetapi produk syariah harus tetap dijalankan karena merupakan asuransi islami yang harus di tempkan yang bersifat tolong menolong.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitriah, IdahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Asuransi Islam
Hukum Islam
Keywords: Hukum Islam; penerapan risk sharing; asuransi syari’ah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Arsip Syariah
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 10 Oct 2017 08:17
Last Modified: 10 Oct 2017 08:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/20547

Actions (login required)

View Item View Item