Accrual basic analisis tentang sistem akuntansi dalam perspektif hukum Islam di PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk. Cabang Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syihabuddin, Atok (2009) Accrual basic analisis tentang sistem akuntansi dalam perspektif hukum Islam di PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk. Cabang Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (447kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (155kB) | Preview
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (190kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (237kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (163kB)
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (302kB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/20549

Abstract

Skripsi ini merupakan penelitian lapangan dengan tujuan untuk memperoleh jawaban tentang bagaimanakah aplikasi metode Accrual basic dalam sistem akuntansi di PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk. khususnya Cabang Surabaya serta bagaimanakah analisis hukum Islam terhadap aplikasi metode Accrual basic dalam sistem akuntansinya. Data penelitian dihimpun melalui observasi, interview dan studi pustaka selanjuntnya data yang berhasil dihimpun dianalisis menggunakan metode deskriptif analisis, yaitu mendeskripsikan data yang berhasil dihimpun sehingga tergambarkan obyek masalah secara komprehensif. Setelah itu dilakukan analisis hukum Islam dengan menggunakan logika deduktif, yaitu analisis yang dimulai dengan mengemukakan data yang bersifat umum yakni tentang sistem akuntansi, kemudian memperhatikan permasalahan yang khusus tentang aplikasi accrual basic pada sistem akuntansi di PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk. Cabang Surabaya dan pada akhirnya ditarik kesimpulan yang bersifat khusus. Hasil penelitian menemukan bahwa metode pengakuan yang dianut dalam sistem akuntansi PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk. Cabang Surabaya pada umumnya menggunakan metode Accrual basic. Namun untuk pengakuan dalam arus kas (cash flow) dan pengakuan pendapatan untuk bagi hasil digunakan metode cash basic. Laporan akuntansi yang disusun berdasarkan accrual basic memberikan informasi tidak hanya transaksi masa lalu tetapi juga kewajiban pembayaran kas di masa depan dan sumber daya yang merepresentasikan kas yang akan diterima di masa depan. Alasan pokok diaplikasikannya sistem accrual basic pada sistem akuntansi PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk. adalah demi penyelarasan dengan Bank Sentral baik dalam paradigma maupun pelaporannya sehingga mudah untuk dibandingkan. Menurut hukum Islam Pencatatan terhadap transaksi sangat dianjurkan. Semangat pencatatan ini tertuang dalam surat al-Baqarah ayat 282. Ayat ini mengajarkan agar dalam pencatatan transaksi hendaknya berprinsip pada keadilan, kebenaran, kejujuran dan tanggung jawab. Metode Accrual basic hanyalah sebuah mode pencatatan yang baru dalam dunia Islam yang ternyata sejalan dengan semangat pencatatan pada ayat tersebut. Selama aplikasinya berprinsip pada ayat diatas, penggunaanya diperbolehkan. Sejalan dengan analisis hukum Islam di atas yang membenarkan aplikasi metode accrual basic di Bank Muamalah Indonesia maka perlu penulis sarankan: Pertama, karena aplikasi accrual basic sangat rentan terhadap penyelewengan, maka pengawasan terhadap laporan keuangan harus diperketat untuk mencegah performa yang hanya pada laporan belaka. Kedua, Aplikasi accrual basic dan cash basic secara bersamaan akan membuat persepsi negatif bagi yang tidak mengetahui seluk beluknya. seolah-olah bank bisa seenaknya sendiri mempermainkan laporan. Oleh karenanya bank sebaiknya bersifat terbuka terutama terhadap nasabah yang masih awam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syihabuddin, Atok--UNSPECIFIED
Subjects: Bank dan Perbankan Islam
Keywords: Sistem akuntansi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Arsip Syariah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 10 Oct 2017 10:15
Last Modified: 04 Oct 2018 07:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/20549

Actions (login required)

View Item View Item