Penafsiran surat Yunus ayat 5 di pondok pesantren Mahfilud Dluror Desa Suger Kec. Jelbuk kab. Jember

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afif, Ahmad (2010) Penafsiran surat Yunus ayat 5 di pondok pesantren Mahfilud Dluror Desa Suger Kec. Jelbuk kab. Jember. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (615kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (524kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (127kB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/20715

Abstract

Penafsiran ayat dalam al-Qur’an sangat dibutuhkan karena al-Qur’an sebagai petunjuk bagi umat manusia. Penafsiran al-Qur’an dilakukan untuk memberikan pemahaman bagi manusia atas maksud Tuhan yang terkandung didalamnya. penafsiran tersebut bisa menghasilkan pemahaman bagi pembaca tafsir dan kemudian diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari atau menjadi penguat hukum dari permasalahan, atau metode atau sistem. Seperti halnya tafsri surat Yunus ayat 5 yang di implementasikan oleh masyarakat pesantren Mahfilud Dluror dalam pementuan awal bulan qomariyah. Permasalahan yang muncul didalamnya adalah bagaimanakah penafsiran surat yunus ayat 5 oleh para ulama sehingga memberikan pemahaman pada mayarakat pesantren tersebut tentang kandungan ayat itu dan bagaimanakah pemahaman masyarakat pesantren Mahfilud dluror hingga pamahaman tafsir tersebut mereka implementasikan dalam perhitungan awal bulan qomariah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penafsiran para ulama* terhadap surat Yunus ayat 5 melalui tafsir-tafsir yang ada utama tafsir yang bercorak ilmiyah seperti tafsir al-Jauhar, tujuan lain adalah untuk mengetahui pemahaman masyarakat pesantren Mahfilud Dluror tentang tafsir surat Yunus ayat 5 dan implementasinya pada kehidupan sehari-hari utamanya pada penentuan awal bulan qomariyah. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah kualitatif (qualitative research) yang meneliti kondisi objek yang diteliti, baik berbentuk pemikiran atau lainnya, untuk menganalisa data digunakan metode analisa wacana yaitu: analisa bahasa, analisa historis dan analisa ideologis. Hasil dari penelitian ini membataskan pada maksud dari ayat yang menyinggung jumlah tahun dan perhitungannya. Perhitungan tahun dan penentuan awal bulan adalah bersifat ijtihady dari para ulama* yang mengamati kondisi bulan dan perubahannya. Jadi siapapun boleh berijtihad dalam perhitungan tahun dan penentuan awal bulan qomariah dengan catatan memiliki pegangan dan landasan teoritis serta aplikatif. Masyarakat pesantren Mahfilud Dluror telah mengimplementasikan pemahamannya sejak 183 tahun yang lalu menggunakan sistem khumasi dalam menentukan awal bulan qomariah, utamanya Ramadhan dan Syawal. Pemahaman tafsir di pesantren Mahfilud Dluror menyeluruh, mulai dari pengasuh sebagai orang yang memberikan pemahaman dari beberapa kitab tafsir dan santri sebagai orang yang menjadi pengikut pemahaman tafsir lalu mengimplemetasikannya pada sistem khumasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afif, Ahmad--UNSPECIFIED
Subjects: Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Tafsir
Keywords: Tafsir surat Yunus
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tafsir Hadis
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 20 Oct 2017 02:57
Last Modified: 30 Oct 2018 02:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/20715

Actions (login required)

View Item View Item