Analisis hukum Islam terhadap praktik jual beli loco London gold di PT Valbury Asia futures Surabaya: studi kasus di PT. Valbury Asia Futres Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sulum, Saiful (2012) Analisis hukum Islam terhadap praktik jual beli loco London gold di PT Valbury Asia futures Surabaya: studi kasus di PT. Valbury Asia Futres Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (747kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (440kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (120kB) | Preview
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (138kB)

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian lapangan tentang "Analisis hukum Islam terhadap praktik jual bell loco london gold di PT Va/bury Asia Futures Surabaya (Studi Kasus di PT Va/buryAsia Futures Surabaya)."Penelitian ini bertujuan untuk menjawab persoalan tentang Bagaimana praktik jual beli loco london gold di PT Valbury Asia Futures Surabaya? Dan bagaimana Analisis Hukum Islam terhadap praktik jual beli loco londongold di PT Valbury Asia Futures Surabaya? Dalam penulisan skripsi ini teknik pengumpulan data yang dipergunakan adalah observasi, interview atau wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisanya berupa deskripttif-verifikatif, dengan menggunakan pola pikir induktif, artinya penulisan berusaha menggambarkan praktik jual beli beli loco londongold di PT Valbury Asia Futures Surabaya sesuai dengan keadaan yang sebenarnya kemudian menilainya dalam perspektif hukum Islam. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa, praktik jual beli loco london gold di PT Va/bury Asia Futures Surabaya ini menggunakan sistem margin trading yaitu seorang investor hanya perlu menyetor $ 1.000 dan mendapatkan l Lot atau setara dengan harga 100 troy ounce. 1 Lot inilah yang digunakan untuk bertransaksi sesuai dengan harga fisik emas yang beredar di pasar. Seorang investor tidak perlu mengeluarkan modal sebesar harga fisik emas yang berlaku di pasar, karena cukup dengan menyetorkan margin yang dibutuhkan investor bisa melakukan transaksi membeli atau menjual emas yang nilainya beberapa kali lipat dari harga fisik emas di pasar. Di sini investor hanya perlu menunggu pergerakan harga dari loco london gold yang dibelinya atau dijualnya. Keuntungan yang diperoleh adalah selisih dari harga jual dan barga beli. Dan transaksi ini tidak memerlukan barang fisik sebagai objek transaksinya akan tetapi yang diperdagangkan hanyalah Buktuasi dari harga emas fisik yang beredar di pasar. Dalam hukum Islam, praktik jual beli semacam ini ditemukan adanya hal­ hal yang menyimpang dari hukum Islam, meskipun sebagian mazhab ada yang membolehkan transaksi ini dengan mensyaratkan ldJiyir bagi pembeli yang menjadikan unsur gharar tidak berpengaruh terhadap akad, oleh sebab itu transaksi ini oleh menurut mazhab Maliki dibolehkan sedangkan menurut mazhab Syafi'i, Hambali, dan Dhahiri melarang transaksi jual beli semacam ini karena adanya unsur gharar. Untuk itu diharapkan kepada para pihak dalam transaksi ini agar lebih berhati-hati dalam memilih investasi yang aman dari hal-hal yang mengandung unsur ketidakjelasan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sulum, SaifulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Dagang
Hukum Islam
Jual Beli
Keywords: Hukum Islam; jual beli Loco London Gold
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Arsip Syariah
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 23 Oct 2017 07:24
Last Modified: 23 Oct 2017 07:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/20761

Actions (login required)

View Item View Item