Hubungan antara stres kerja dengan kepuasan kerja operator SPBU Pasti Pas di Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arief, Muhammad (2012) Hubungan antara stres kerja dengan kepuasan kerja operator SPBU Pasti Pas di Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (106kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (201kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (305kB)
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (528kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (704kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (644kB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/20799

Abstract

Perkembangan industri ritel BBM di Indonesia yang telah berubah dari Era Monopoli (1971-2005), Persaingan Terbatas (2005-2007) dan Persaingan Bebas (2008) kemudian telah ikut mendorong Pertamina untuk terus meningkatkan pelayanannya. Menghadapi persaingan bebas, Pertamina menerapkan Program Pertamina Way untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. Melalui program ini Pertamina berusaha memahami kebutuhan pelanggan dengan melakukan perbaikan pelayanan terhadap 3 (tiga) keluhan tertinggi konsumen yang meliputi takaran dan mutu, pelayanan serta kebersihan. Namun hal ini dapat menimbulkan suatu fenomena negatif terhadap kondisi fisik maupun mental karyawan yang akan menimbulkan perasaan emosional terhadap pekerjaan pada lingkungan kerjanya. Oleh karena itu manajemen perusahaan berusaha untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi seperti timbulnya stres kerja dan kepuasan kerja karyawan. Kondisi ini mengidentifikasikan bahwa penting dilakukan penelitian terhadap hubungan stres kerja dan kepuasan kerja dengan tujuan untuk mengetahui apakah positif atau negatif hubungan antara stres kerja karyawan dengan kepuasan kerja operator SPBU Pasti Pas di Surabaya. Penelitian dilakukan dengan mengambil subyek operator SPBU Pasti pas yang ada dikota Surabaya. Jumlah subyek penelitian sebanyak 92 responden yang berasal dari empat wilayah SPBU Pasti Pas yang ada dikota Surabaya. Responden sendiri diambil menggunakan dua cara pengambilan subyek yaitu classter random sampling dan simple random sampling. Metode pengolahan data sendiri menggunakan Product moment dibantu dengan program SPSS 17.00 for windows. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa ada hubungan antara stres kerja dengan kepuasan kerja dapat dilihat dari hasil uji korelasi pearson dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 0,05 dan nilai korelasi sebesar -0,296 termasuk dalam kategori korelasi yang cukup kuat. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa ada hubungan stres kerja dengan kepuasan kerja karyawan dengan sumbangan efektif penelitian sebesar 8,76%. tanda negatif pada harga koefisien korelasi menunjukkan adanya arah hubunga yang berbanding terbalik, artinya hubungan antara stres kerja dengan kepuasan kerja, dimana semakin tinggi stres kerja yang dialami karyawan maka semakin rendah pula kepuasan kerja mereka.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arief, Muhammad--UNSPECIFIED
Subjects: Psikologi > Psikologi Kerja
Keywords: Stres kerja; kepuasan kerja
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 24 Oct 2017 07:52
Last Modified: 21 Dec 2017 06:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/20799

Actions (login required)

View Item View Item