Operasional pembiayaan usaha syariah dalam mempertahankan Non Performing Financing (NPF) 0% di PT. BPRS kota Mojokerto: studi kasus sinergi PT. BPRS kota Mojokerto, Baznas, Diskoperindag dan masyarakat ekonomi syariah kota Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anwar, Sanusi (2017) Operasional pembiayaan usaha syariah dalam mempertahankan Non Performing Financing (NPF) 0% di PT. BPRS kota Mojokerto: studi kasus sinergi PT. BPRS kota Mojokerto, Baznas, Diskoperindag dan masyarakat ekonomi syariah kota Mojokerto. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (490kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (682kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (383kB) | Preview
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (223kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (439kB) | Preview

Abstract

Berbagai komitmen berkaitan dengan upaya pengembangan UKM dan IKM hampir setiap hari diperdengarkan di banyak tempat dan dari segala aspek. Pemerintah melalui Pihak Bank Indonesia maupun Otoritas Jasa Keuangan mendorong perbankan menyalurkan pembiayaan minimal 20% kepada UMKM, Pemerintah Kota Mojokerto membuat inovasi Pembiayaan Usaha Syariah untuk mempermudah akses pemodalan dengan menunjuk PT. BPRS Kota Mojokerto sebagai bank pelaksana untuk penyedia dana melalui pembiayaan murabahah, yang didukung oleh BAZNAS Kota Mojokerto sebagai pihak yang menanggung margin pembiayaan, biaya administrasi, dan premi asuransi. Dengan memperhatikan permasalahan yang ada, maka penelitian manganalisa Operasional Pembiayaan Usaha Syariah (PUSYAR) Dalam Mempertahankan Non Performing Financing (NPF) 0% di PT. BPRS Kota Mojokerto, (Studi Kasus Sinergi PT. BPRS Kota Mojokerto, Baznas, Diskoperindag dan Masyarakat Ekonomi Syariah Kota Mojokerto), perode tahun 2012 sampai dengan tahun 2016. Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan tehnik analisis deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi lapangan, wawancara dengan informan kunci dan dokumentasi, dalam hal ini pengambilan data diperoleh melalui wawancara langsung dengan Direksi PT. BPRS Kota Mojokerto, Pejabat Diskoperindag dan Pejabat Baznas Daerah Kota Mojokerto, untuk dokumentasi dari arsip-arsip yang ada di BPRS Kota Mojokerto. Program Pembiayaan Usaha Syariah (PUSYAR) di PT. BPRS Kota Mojokerto telah berhasil menyalurkan pembiayaan kepada pelaku UKM dan IKM Kota Mojokerto sejak tahun 2012 sampai tahun 2016, telah berhasil menjalankan fungsi penyaluran pembiayaan dengan sangat baik sehingga belum terjadi pembiayaan bermasalah, dan dapatb mempertahankan Non Performing Financing nol persen (0%). Peran pihak-pihak yang terlibat sangat berpengaruh besar terhadap keberhasilan program tersebut. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa Monitoring Pembiayaan memberikan kontribusi terhadap Kinerja UMKM, sehingga timbul kesadaran yang UKM untuk membayar angsuran tepat waktu. Monitoring pembiayaan yang dilakukan pihak Bank akan memberikan kontribusi pada kinerja usaha UKM.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anwar, Sanusisanusi.anwar33@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Pembiayaan Pusyar; sistem analisa; Non Performing Financing Monitoring Pembiayaan; Kinerja UMKM
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Anwar Sanusi
Date Deposited: 26 Oct 2017 04:49
Last Modified: 26 Oct 2017 04:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/20849

Actions (login required)

View Item View Item