Akal dan agama bagi perempuan separuh laki-laki: studi pemahaman hadis dalam Kitab Shahih al-Bukhari indeks nomor 304

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alif, Fahrul Irwan (2011) Akal dan agama bagi perempuan separuh laki-laki: studi pemahaman hadis dalam Kitab Shahih al-Bukhari indeks nomor 304. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (425kB)
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (357kB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (788kB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (722kB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

Pemilihan judul hadis tentang akal dan agama perempuan separuh laki-laki dalam penelitian ini berdasarkan adanya asumsi bahwa terdapat hadis yang secara tekstual terkesan tidak berkeadilan gender, mendiskreditkan perempuan. Padahal dalam Islam, Nabi Muhammad saw. dipandang sebagai teladan yang baik (uswah hasanah) bagi kaum muslimin. Hadis tentang akal dan agama perempuan separuh laki-laki ini diriwayatkan oleh Imam al-Bukhari, Imam Muslim, Imam an-Nasa'I, Abu Dawud, Ibnu Majah, at-Tirmidzi, clan Ahmad bin Hambal. Namun, dalam penelitian ini hanya difokuskan pada hadis yang terdapat dalam kitab Shahih al­ Bukhari, karena kitab ini paling banyak dijadikan rujukan oleh umat Islam dan telah diakui paling sahib dan otoritatif setelah al-Quran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui otentitas sanad serta matan hadis, untuk mengetahui bagaimana kehujjahan hadis tersebut serta untuk mengetahui pemaknaan hadis itu guna diperoleh pemahaman yang tepat. Penelitian ini termasuk dalam penelitian non­ empirik yang menggunakan metode library research (penelitian kepustakaan). Metode analisa data dilakukan dengan menggunakan content analysis (analisis isi); Pengevaluasian atas otentisitas matan diuji pada tingkat kesesuaian hadis (isi beritanya) dengan cara menkomparasikan redaksi matan hadis yang menjadi objek penelitian dengan keseluruhan redaksi matan semakna dan yang dikeluarkan oleh mukharrij lain. Sedangkan untuk pemahaman matan hadis dikonfirmasikan pada tingkat kesesuaian hadis (isi beritanya) penegasan eksplisit al-Quran, fakta sejarah, ilmu pengetahuan alam (biologi), informasi hadis-hadis lain yang bermutu shahih, serta hal-hal yang oleh masyarakat umum diakui sebagai bagian integral ajaran Islam. Hasil dari penelitian adalah ; dari segi sanad dan matan hadis ini shahih dan layak dijadikan hu.ijah. Sedangkan dari pemaknaan hadis memang telah terjadi perbedaan pemahaman. Namun, mencermati penjelasan-penjelasan yang sudah ada, perbedaan tersebut sebenarnya terletak pada ukuran kualitas serta kuantitas baik akal maupun agama perempuan dibanding laki-laki. Maka setelah mengacu pada pendapat ulama tersebut, disimpulkan bahwa hadis ini bisa dimaknai secara hakiki dan majazi. Hakiki apabila ukurannya adalah kuantitas, akan tetapi akal dan agama perempuan separuh laki-laki tersebut bukan berarti bermakna kekurangan/kebodohan atau mendiskreditkan perempuan, sebaliknya menjadi pembeda dengan laki-laki, dan merupakan keistimewaan tersendiri bagi perempuan yang senantiasa menggunakan perasaan lebih banyak dan berpikir dengan proporsi yang lebih sedikit Sedangkan dimaknai secara majazi apabila ukurannya kualitas baik akal maupun agama perempuan, hal ini berdasarkan realitas dalam masyarakat yang memperlihatkan ada juga perempuan baik dalam hal akal maupun agamanya mengungguli laki-laki. Jadi hal ini bersifat relatif, tergantung besamya perhatian seseorang dalam bidang-bidang tertentu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alif, Fahrul IrwanUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Tafsir > Tasfir Hadis
Keywords: Akal; Agama; Perempuan separuh laki- laki; Shahih al-Bukhari
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tafsir Hadis
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 26 Oct 2017 04:23
Last Modified: 26 Oct 2017 04:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/20853

Actions (login required)

View Item View Item