This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Faiq Imanuddin, Faiq Imanuddin (2009) Peran perencanaan partisipatori dalam meningkatkan profesionalitas guru di MTs. lkatan Tarbiyah Ta 'limul Qur 'an (ITTAQU) Menanggal Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (521kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (127kB) | Preview |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (207kB) |
||
|
Text
Bab 1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (923kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
Bab 4.pdf Download (181kB) |
||
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (185kB) |
Abstract
Perencanaan partisipatori merupakan perencanaan yang melibatkan beberapa orang dalam sesuatu kegiatan untuk merencanakan sesuatu yang dipertentangkan dengan merencanakan yang hanya dibuat oleh seseorang atau beberapa orang atas dasar wewenang kedudukan seperti perencana ditingkat pusat, kepala kantor pendidikan di daerah dan para kepala sekolah. Kebersamaan serta kesepahaman seluruh pemegang kebijakan yang terkait dengan lembaga pendidikan, tentu menjadi elemen yang sangat urgen 'dalam perkembangan pendidikan yang diselenggarakan. Pada saat yang sama, secara khusus profesionalitas gurupun menjadi penentu keberhasilan dan ketercapaian pembelajaran yang dicita-citakan karena guru berada pada posisi pada ujung tombak proses pendidikan. MTs. lkatan Tarbiyah Ta'limul Qur'an (ITTAQU) Menanggal Surabaya, sebagai salah satu lembaga yang bergerak aktif dalam bidang pendidikan secara langsung dituntut untuk dapat melaksanakan tindakan-tindakan partisipatif dalam perencanaan yang dilakukan dalam kaitannya dalam profesionalitas guru tersebut di lembaganya. Berpijak dari sinilah penulis ingin mengetahui bagaimana latar belakang penerapan perencanaan partisipatori, proses perencanaan partisipatori, bagaimana tingkat profesionalitas guru serta peran perencanaan partisipatori dalam meningkatkan profesionalitas guru di MTs. Ikatan tarbiyah ta'limul qur'an (ITTAQU) menanggal Surabaya ini. Ada dua pendekatan yanga penulis gunakan untuk menjawab permasalahan di atas yaitu, pendekatan teoritis dan ernpiris. Pendekatan teoritis yang dimaksud adalah untuk mengetahui konsep dasar perencanaan partisipatori, baik itu prosedur atau proses perencanaan partisipatori dan hal-hal yang melatarbelakangi perencanaan partisipatori tersebut. Serta konsep mengenai profesionalitas guru, baik itu definisi maupun ciri dan syarat guru profesional, aspek profesionalitas serta kompetensi guru. Penelitian dalam skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yaitu data yang diperoleh dari lapangan dengan menggunakan metode interview dan documenter. Berdasarkan basil penelitian di lapangan dapat disimpulkan bahwa peran perencanaan partisipatori dalam meningkatkan profesionalitas guru di MTs. Ikatan tarbiyah ta'limul qur'an (ITTAQU) menanggal Surabaya dirasakan cukup baik, hal tersebut dapat dilihat dari adanya kemajuan yang cukup signifikan dalam tingkat pendidikan para guru serta kesesuaian latar belakang pendidikan dengan mata pelajaran yang diampu. Selain itu, kini guru lebih intens dalam memanfaatkan media pembelajaran di kelas, dan tingkat kedisiplinan gurupun lebih baik.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan - Kualitas Guru Adat |
||||||
Keywords: | Perencanaan partisipatori; profesionalitas guru | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam | ||||||
Depositing User: | Editor : samid library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 27 Oct 2017 02:46 | ||||||
Last Modified: | 27 Oct 2017 02:46 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/20861 |
Actions (login required)
View Item |