Tafsir Al Qur’an Aktual karya Dr. KH. Musta’in Syafi’i: tinjauan epistemologi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zaiyadi, Ahmad (2017) Tafsir Al Qur’an Aktual karya Dr. KH. Musta’in Syafi’i: tinjauan epistemologi. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (666kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (517kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (209kB) | Preview
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (272kB)

Abstract

Kajian kritis terhadap metodologi penafsiran merupakan langkah progresif dalam memperkaya kazanah pengetahuan tafsir. Asumsi tersbut, menjadi acuan dasar dari penelitian ini, yang berusaha menjawab rumusan masalah, tentang konsep dan epistemologi penafsiran Musta’in Syafi’i dalam karyanya Tafsir Al-Qur’an Aktual. Hal ini menarik untuk dibahas, karena kontekstualisasi penafsiran Musta’in Syafi’i terhadap problem kekinian dapat ditelaah secara kritis melalui kacamata epsitemologis. Secara umum, penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan kajian kepustakaan (library reaserch), melalui literatur ilmiah dan buku dokumen. Produk penafsiran Musta’in Syafi’i menjadi sumber “primer” utama untuk menjelaskan konsep penafsirannya mencakup sumber, metode dan kecenderungan penafsiran. Disamping itu, untuk menguji kebenaran penafsiran Musta’in Syafi’i secara kritis, dilakukan dengan kacamata epsitemologi filsafat ilmu, melalui teori kebenaran koherensi, korespondensi maupun pragmatisme menjadi tolok ukur validitas tafsirnya. Dari hasil pengamatan penulis, konsep penafsiran Musta’in Syafi’i dari aspek sumber, tidak lepas dari sumber naqly dan aqly.¬ Kedua sumber tersbut mencakup al-Qur’an, hadis nabi, riwayat sahabat dan tabi’in, kisah-kisah isra’iliyat dan pendapat mufassir maupun tokoh. Kedua aspek metode, Penafsiran Musta’in Syafi’i termasuk kategori produk tafsir tahlily dengan kriteria, keluasaan tafsir yang rinci (tafshily), cara penyampaian melalui perbandingan penafsiran (muqa>rin) serta tertib penulisan tafsirnya yang sesuai mushaf (mushafy) semakin mensejajarkan tafsir dengan produk-produk tafsir klasik. Teori-teori kebenaran dalam epsitemologi filsafat, menentukan kebenararan penafasiran Musta’in Syafi’i. Secara koherensi, konsistesi penafsiran Musta’in Syafi’i, dalam menghadirkan proposisi-prosisi yang sistematis dapat dinyatakan benar melalui teori ini. Kesesuaianya antara proposi dan data fakta, dalam artian argumen penafsiran harus sesuai dengan kenyataan dilapangan, hal ini tampak pada penafsiran Musta’in Syafi’i sehingga dapat dinyatakan benar dalam teori korespondensi. Terakhir penilaian melalui kebenaran pragmatisme, Musta’in Syafi’i dapat dikatakan telah menerapkan teori ini dilihat manfaat dan kegunaan tafsir sebagai solusi yang dapat menjawab problem umat Islam menyangkut sosial kemasyarakatan dan hukum Islam.
Dengan demikian, Tafsir Al-Qur’an Aktual karya Musta’in Syafi’i termasuk bagian dari ragam produk tafsir yang berkembang al-Qur’an di Indonesia. Penulisan tafsirnya melalui tema-tema kekinian layaknya surat kabar, menjadi sisi keunikan tafsir ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zaiyadi, Ahmadahmadzaiyadi@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Al Qur'an
Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Tafsir
Keywords: Tafsir Al Qur’an Aktual; Musta’in Syafi’i; epistemologi
Divisions: Program Magister > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Zaiyadi Ahmad
Date Deposited: 30 Oct 2017 03:36
Last Modified: 30 Oct 2017 03:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/20867

Actions (login required)

View Item View Item