Kepemimpinnan KH. A. Zubairi Mz. Dalam character building pondok pesantren Nasy’atul Muta’allimin Gapura Timur Gapura Sumenep Madura

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syaiful, Ach. (2009) Kepemimpinnan KH. A. Zubairi Mz. Dalam character building pondok pesantren Nasy’atul Muta’allimin Gapura Timur Gapura Sumenep Madura. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (494kB) | Preview
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (112kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (265kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (972kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (193kB) | Preview
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (275kB)

Abstract

Kepemimpinan KH. A. Zubairi Mz dalam Character Building Pondok Pesantren Nasy ’atul Muta ’allimin Gapura Timur Gapura Sumenep Madura. Judul tersebut dipilih untuk menjawab tiga pertanyaan mendasar. Bagaimana Biografi KH. A. Zubairi Mz? Bagaimana Gaya Kepemimpinan KH. A. Zubairi Mz? Bagaimana Keunikan Kepemimpinan KH. A. Zubairi Mz? Berbieara tentang kepemimpinan kiai dalam pondok pesantren selalu menjadi hai menarik untuk diperbineangkan, lebih menarik lagi ketika kepemimpinan kiai dikaitkan dengan keterlibatannya dalam ranah politik praktis. Tetapi penelitian ini tidak membicarakan tentang keterlibatan kiai dalam politik praktis, melainkan lebih pada memberikan penekanan tentang sosok kepemimpinan kiai lokal {local wisdom) yang mampu dengan ilmunya memimpin {sebagai leader) dan memenej lembaga pendidikan formal mulai merintis hingga menjadi sebuah peradaban di daerahnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan dengan metode kualitatif. Data secara keseluruhan diperoleh melalui hasil wawancara {interview) kepada beberapa nara sumber (informan) yang pemah bersentuhan langsung dengan KH. A. Zubairi Mz, semasa hidupnya. Kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif, kemudian kesimpulannya diambil melalui teknik analisis, dengan pola deduktif dan hermeneutik. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa kepemimpinan KH. A. Zubairi Mz, selama kurang lebih 41 tahun merintis, memimpin dan sebagai pendidik di pondok pesantren Nasy’atul Muta’allimin Gapura Timur, dikategorikan kepemimpinan kiai yang demokratis. Sebagai pemimpin lembaga, walaupun pendidikannya berlatar belakang salaf, beliau cukup peka terhadap perubahan dan perkembangan dalam dunia pendidikan {eksklusif). Sehingga tak hayal, jika perkembangan pondok pesantren Nasy*atul Muta’allimin selama dipangku beliau mengalami perkembangan dalam berbagai aspek. Dalam studi kepustakaan, penelitian-peneitian seperti ini, yang mengangkat tentang kepemimpinan kiai lokal {local wisdom), yang gagasannya juga layak dikonsumsi para pemimpin besar, masih minim, terkadang pula dikesampingkan. Hemat penulis, dari hasil penelitian ini, tidak cukup hanya membaca dan mengkaji kepemimpinan KH. A. Zubairi Mz, melainkan yang terpenting adalah bisa mengaplikasikan gaya kepemimipinan beliau yang selalu mengedepankan asas musyawarah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syaiful, Ach.UNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pesantren
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Kepemimpinan
Keywords: KH. A. Zubairi Mz; kepemimpinan; character building; pondok pesantren Nasy 'atul Muta 'allimin
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 31 Oct 2017 03:53
Last Modified: 31 Oct 2017 03:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/20897

Actions (login required)

View Item View Item