Pemanfaatan multimedia interaktif dalam pembelajaran di MA Darul Muttaqin Blega Bangkalan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Imron, Moh (2014) Pemanfaatan multimedia interaktif dalam pembelajaran di MA Darul Muttaqin Blega Bangkalan. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (742kB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (645kB)
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (460kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (435kB) | Preview
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (433kB)

Abstract

Studi dalam penelitian ini mengenai pemanfaatan Multimedia Interaktif dalam pembelajaran di MA Darul Muttaqin, Blega, Bangkalan. Judul penelitian ini dipilih berdasarkan fenomena trend teknologi pendidikan dan pembelajaran berbasis Multimedia Interaktif yang ada di MA Darul Muttaqin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: [1] Bagaimana frekuensi pemanfaatan Multimedia Interaktif dalam pembelajaran oleh guru di MA. Darul Muttaqin Blega, [2] Bagaimana tipe pemanfaatan multimedia interaktif dalam pembelajaran oleh guru di MA. Darul Muttaqin Blega, dan [3] Apa saja faktor pendukung dan penghambat pemanfaatan Multimedia Interaktif dalam pembelajaran oleh guru di MA. Darul Muttaqin Blega. Jenis dan pendekatan penelitian dalam penelitian ini adalah “Penelitian Deskriptif Kualitatif”. Subyek penelitiannya “Madrasah Aliyah Darul Muttaqin Blega”. Obyek penelitiannya “Pemanfaatan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran”. Pemilihan sample menggunakan teknik “purposive sampling”, dan sampel penelitian ini adalah 7 guru MA Darul Muttaqin yang mendapatkan jatah CD pembelajaran interaktif. 7 guru tersebut meliputi guru bidang studi [1] TIK, [2] Sosiologi, [3] Geografi, [4] Sejarah, [5] Ekonomi, [6] Matematika, dan [7] Fisika, Kimia, Dan Biologi. Tekni pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik “trianggulasi data”. Analisis dan penarikan kesimpulan melalui 4 tahap, [1] koleksi data, [2] reduksi data, [3] penyajian data, dan [4] penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa [1] frekuensi pemanfaatan MMI dalam pembelajaran oleh guru di MA Darul Muttaqin adalah 4.43 % atau sangat rendah, kondisi ini sangat memprihatinkan mengingat fasilitas pendukung Multimedia Interaktif di MA Darul Muttaqin sangat lengkap. [2] tipe pemanfaatan MMI dalam pembelajaran oleh guru di MA Darul Muttaqin adalah tipe pemanfaatan MMI sebagai media bantu dan sebagai media mandiri. 1 guru, guru TIK, pernah menerapkan kedua tipe tersebut, 3 guru hanya menerapkan tipe kedua, dan 3 guru lainnya tidak sama sekali. [3] faktor-faktor pendukung terhadap pemanfaatan MMI dalam pembelajaran di MA Darul Muttaqin meliputi [a] adanya Ruang Multimedia dan Lab Komputer yang didesain khusus pembelajaran berbasis MMI, [b] Perangkat Komputer yang memenuhi kebutuhan jumlah siswa di Lab Komputer, dan [c] CD pembelajaran interaktif. Sedangkan factor penghambatnya meliputi [a] minimnya keahlian sebagian besar guru dalam pengoperasian computer, [b] keterbatasan perangkat computer pada Ruang Multimedia, [c] daya listrik rendah dan tidak imbang dengan kebutuhan daya di sekolah, [d] motivasi diri guru yang rendah, dan [e] tidak ada program pengembangan untuk meningkatkan keahlian guru dalam pengoperasian computer.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Imron, Mohmoh.imron467@hotmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Media
Keywords: Multimedia interaktif; pembelajaran
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Imron Moh.
Date Deposited: 02 Nov 2017 05:02
Last Modified: 02 Nov 2017 05:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/20932

Actions (login required)

View Item View Item