Makna edukatif perilaku Lebah dalam al Quran: studi analitis surat an Nahl ayat 68-69

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amer, Anik Islahul (2011) Makna edukatif perilaku Lebah dalam al Quran: studi analitis surat an Nahl ayat 68-69. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (634kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (113kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (68kB)
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (861kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (862kB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (627kB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (89kB) | Preview
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (197kB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/20940

Abstract

Dalam dunia hewan, lebah merupakan jenis hewan yang berkelompok dengan membentuk sebuah koloni dan menjunjung tinggi sistem kerja sama, mereka membagi tugas sesuai dengan kemampuan yang dimiliki masing-masing, lebah ratu bertugas menghasilkan larva-larva baru, lebah jantan mengawini lebah ratu dan lebah pekeija memenuhi kebutuhan lebah ratu dan lebah betina. Lebah mempunyai perilaku yang sangat sistematis baik dalam membuat sarang, mencari makan dan menjalankan aktifitas lain layaknya sesuatu yang sudah direncanakan. Lebah mempunyai kebiasaan yang berbeda dengan binatang-binatang yang lain, misalnya saja sang ratu mempunyai kekuasaan penuh dalam memimpin anak buahnya dan dalam satu sarang diperbolehkan hanya ada satu ratu saja, mereka sangat menjunjung tinggi solidaritas antar sesama saling menjaga dan saling melindungi satu sama lain. Di dalam Alquran sendiri banyak ayat-ayat yang mengungkapkan tentang isyarat-isyarat yang kemudian dikenal dengan ayat-ayat kauniyah. Sehingga para mufassir dan ulama terdorong untuk menafsirkan ayat tentang fenomena alam khususnya berkenaan dengan lebah, tetapi penafsiran tersebut sulit dipahami secara tepat sehingga ilmu pengetahuan perannya sangat penting untuk memadukan kebenarannya. Skripsi ini meneliti pemasalahan pokok mengenai makna edukatif perilaku lebah yang terkandung dalam Alquran surat An Nahl ayat 68-69. Sebagai bentuk apresiasi dari pendekatan penafsiran para mufassir, skripsi ini mempertanyakan bagaimana penafsiran para mufassir terhadap makna edukatif perilaku lebah yang terambil data-datanya dari ayat 68-69 dengan ilmu pengetahuan yang dijadikan alat bantu dan dalam pendekatan-pendekatan terhadap ayat-ayat tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan tafsir tahlili (analitis) atau dengan mengkaji khusus pada ayat 68-69 surat An Nahl. Kelebihan metode ini adalah ruang lingkup bahasan yang luas sehingga bisa menampung beberapa gagasan ataupun ide-ide dalam menafsirkan. Dari semua penjabaran diatas dapat kita simpulkan bahwa Allah menciptakan makhluk hidup yang ada dimuka bumi ini semuanya mengandung pelajaran dan manfaat yang sangat penting bagi manusia, manusia sebagai makhluk yang sangat sempuna dibanding dengan makhluk-makhluk lain yang ada di dunia ini sudah selayaknya mencontoh kehidupan lebah yang sangat sistematis, saling membantu, saling menjaga dan memenuhi kebutuhan satu sama lain tanpa ada yang merugi, hal yang paling penting yang patut dicontoh dari kehidupan lebah adalah menghasilkan yang bermanfaat bagi orang lain tanpa mengharap imbalan apapun. Seperti lebah menghasilkan madu yang bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amer, Anik Islahul--UNSPECIFIED
Subjects: Cerita dalam Al Qur'an
Perilaku
Keywords: Makna edukatif; perilaku Lebah
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tafsir Hadis
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 02 Nov 2017 04:26
Last Modified: 01 Nov 2018 02:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/20940

Actions (login required)

View Item View Item