Tipologi pemaknaan takdir buruh pabrik: di Desa Berbek Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zubaidah, Nur (2017) Tipologi pemaknaan takdir buruh pabrik: di Desa Berbek Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (974kB) | Preview
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (246kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (406kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (685kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Buruh dipandang sebagai golongan lemah, berpendidikan rendah, berketrampilan minim, tidak memiliki kekuatan dan daya selain tenaga yang mereka miliki. Mereka terpaksa tunduk dibawah eksplorasi pemilik modal sehingga kebebasan mereka terpejara dalam kekuasan borjuis. Dalam situasi ini, sering kali agama menjadi mesian. Sebagaimana pemahaman buruh mengenai kehendak dan kekuasaan Tuhan yang dipercaya dan diharapakan dapat merubah nasib mereka menjadi lebih baik. Seiring derasnya arus industrialisasi kehadiran berbagai persoalan sosial tidak terbendung dan akhirnya berdampak terhadap pemahaman mengenai kehendak Tuhan dan kebebasan berbuat yang dimiliki buruh. Sehingga pemahaman mengenai takdir yang diharapakan berperan terhadap etoskerja buruh dalam industialisasi menjadi parsial dan semakin mengarah terhadap sebab kemerosotan, kemunduran, serta kelemahan umat Islam di tengah perkembangan Industrialisasi. Hingga melahirkan bentuk ketiga pemaknaan takdir yang tidak murni Jabariyah dan tidak murni Qodariyah. Dalam kaitannya antara problem sosial dan pemahaman keyakinan agama, Weber lebih dahulu mengutarakan gagasannya dalam sebuah tesis (protestan ethic). Dalam analisisnya motivasi kegiatan ekonomi sering terdapat pada suatu kelompok tertentu pemeluk suatu agama, yakni bersumber pada keyakinan pemeluk tersebut bahwa kehidupan mereka telah ditentukan takdir Allah kepada orang-orang “terpilih” namun ada kewajiban lain dengan menjadikan diri mereka sebagai orang-orang terpilih mereka harus berusaha “bekerjakeras” inilah yang disebut Weber dengan kesungguhan mengabdi pada Allah. Tapi menurut Harun Nasution tidak semudah itu menyandingkan antara pemahaman agama dengan kultur masyarakat Jawa yang sudah mengakar dalam ritme kehidupan masyarakat Jawa. Arus industrialisasi membawa gelombang pergeseran pemahaman takdir buruh pabrik, sehingga menghasilkan tipologi pemaknaan takdir buruh pabrik. hal ini dikarenakan terdapat sebagian responden yang tidak murni memiliki pemahaman takdir dengan sikap Jabariyah dan Qodariyah. Dalam sikap dan perbuatanya, akan tetapi cenderung mengambil jalan tengah antara keduanya. Meski bentuk ini tidak sedominan buruh dengan pemahaman takdir Jabariyah yang terikat dengan konteks kultural masyarakat Jawa “Nrimo Ing Pandum”, Namun bentuk ini hampir membawa sebagian buruh pabrik menuju pemahaman takdir yang utuh dan menempati perannya dalam perkembangan Industrialisasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zubaidah, Nurzhuzubaidah@gmailUNSPECIFIED
Subjects: Teologi
Keywords: Takdir; Qodariyah dan Jabariyah; etos kerja buruh pabrik; Max Weber; Harun Nasution
Divisions: Program Magister > Filsafat Agama
Depositing User: Zubaidah Nur
Date Deposited: 07 Nov 2017 06:36
Last Modified: 07 Nov 2017 06:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/21005

Actions (login required)

View Item View Item